RSUD Jaraga Sasameh Buntok Dapat Bantuan Mesin Penghasil Oksigen Terbesar di Kalteng

DEDDY/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Barsel Lisda Arriyana saat menyaksikan penandatanganan bantuan alat generator oksigen.

BUNTOK – Untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok Kabupaten Barito Selatan (Barsel) mendapatkan bantuan berupa generator oksigen yang berkapasitas besar.

Bantuan tersebut dari PT Multi Tambangjaya Utama (MUTU) yang berkolaborasi dengan pihak Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin), GoTo, PT Indika Energy Tbk dan Indika Nature. Penandatanganan bantuan dilaksanakan Jumat 23 September 2022 di aula RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

Direktur PT MUTU Setiyo Pamoedji kepada awak media usai kegiatan tersebut mengatakan, generator oksigen ini berjenis Containerized PSA Oxygen Generator System (Oxygen Plant) Model Nomor MNPO-25 dengan kapasitas 25 meter kubik per jam yang mampu memproduksi 100 tabung per hari pada tabung 6 meter kubik.

Dengan kapasitas tersebut, membuat generator oksigen ini menjadi mesin penghasil oksigen terbesar di seluruh Provinsi Kalteng yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan oksigen tidak hanya bagi pasien di RSUD Jaraga Sasameh Buntok.

“Namun juga dapat membantu melayani kebutuhan seluruh Puskesmas di Kabupaten Barsel dan rumah sakit lain di DAS Barito dalam masa pandemi Covid-19 yang belum usai,” katanya.

BACA JUGA:   Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Satuan Linmas di Barsel Akan Diberikan Pelatihan Dalmas

Menurut Dia, pengadaan generator oksigen ini menjadi perwujudan komitmen yang kuat bagi anak bangsa untuk kolaborasi dan saling membantu dalam memberikan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di masa pandemi yang belum berakhir.

“Yang jelas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat merupakan prioritas utama bagi seluruh elemen sehingga akan membuat Indonesia bisa lebih cepat bangkit dan cepat pulih karena kesehatan merupakan kebutuhan dasar manusia untuk dapat hidup dan produktif,” ujar Setiyo Pamoedji.

Oleh karena itu, dengan kesehatan yang baik akan menjadi titik awal bagi pemulihan ekonomi masyarakat agar roda perekonomian dapat lanjut bergerak menuju kesejahteraan.

Menyadari hal tersebut, PT MUTU menjadikan sektor kesehatan sebagai pilar program tanggung jawab sosialnya dan pada hari ini kita berkolaborasi dengan Kadin, GoTo, PT Indika Energy Tbk, dan Indika Nature bersama-sama mewujudkannya, yakni dengan memberikan, bantuan generator oksigen yang sangat dibutuhkan oleh RSUD Jaraga Sasameh Buntok sehingga dapat membantu kebutuhan untuk pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

BACA JUGA:   KPU Barsel Umumkan Rancangan Penataan Dapil dan Alokasi Anggota DPRD dalam Pemilu 2024

Sementara itu, Direktur RSUD Jaraga Sasameh Buntok dr. H. Norman Wahyu mengatakan, bantuan oksigen generator ini sangat membantu kami dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya dalam mempercepat penanganan pasien Covid-19 yang memang sangat membutuhkan fasilitas oksigen.

“Dengan fasilitas generator oksigen yang berkapasitas besar ini, diharapkan tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan kami namun juga kami dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen dari rumah sakit yang lain,” terangnya.

Lebih lanjut iapun menambahkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya dan mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan generator oksigen ini yang menunjukan bahwa pihaknya sebagai tenaga kesehatan tidak sendiri dalam memerangi pandemi ini.

Penyerahan generator oksigen tersebut juga akan dilengkapi dengan bantuan pendampingan bagi operator generator oksigen, bantuan jaminan suku cadang dan pemeliharaan selama dua tahun. Sehingga kedepannya, pihak RSUD Jaraga Sasameh Buntok tidak perlu merasa kuatir lagi dalam pengoperasian termasuk juga dengan jaminan produksinya. (ded).

(Visited 60 times, 1 visits today)