BUMN Holding Pangan Pasok Minyak Goreng ke Wilayah Timur Indonesia

ANTARA/BERITA SAMPIT - BUMN Holding Pangan ID Food memasok minyak goreng ke wilayah timur Indonesia melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

JAKARTA – BUMN Holding Pangan ID Food kembali memasok minyak goreng Minyak Kita ke wilayah timur Indonesia dengan optimalisasi tol laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bersinergi dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan, pemda, dan pelaku usaha.

“Dari total 36 kontainer atau sekitar 674.400 liter, 20 kontainer di antaranya adalah dari BUMN ID Food sebagai penyedia minyak goreng sejumlah 392.140 liter disuplai ke Maluku Utara,” kata Direktur Utama Holding Pangan ID FOOD Frans Marganda Tambunan dalam keterangan resmi di Jakarta, Sabtu 24 September 2022.

Pelepasan distribusi minyak goreng Minyak Kita disaksikan secara langsung oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dan pemangku kepentingan terkait dalam rangka wujud sinergi bersama dalam melakukan percepatan pendistribusian pangan komoditas minyak goreng ke seluruh Indonesia.

“Dalam pendistribusian minyak goreng ini ID Food Group berperan sebagai penyedia komoditas minyak goreng yang akan disuplai ke beberapa pelaku usaha lokal di Maluku Utara melalui anak usaha seperti PT BGR Logistik Indonesia, PT Berdikari Logistik Suplai, dan PT Berdikari United Livestock untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan minyak goreng,” kata Frans.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan tujuan mempercepat distribusi minyak goreng Minyak Kita ini untuk meningkatkan ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng di seluruh Indonesia, khususnya di wilayah timur.

Distribusi tersebut dilakukan melalui pemanfaatan program Gerai Maritim bersinergi dengan pemanfaatan tol laut ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

“Harapan kami semua pihak dapat bekerja sama dalam memaksimalkan percepatan pendistribusian Minyak Kita ini sehingga minyak goreng dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia dengan harga sesuai HET. Selain itu, agar dapat mencapai tujuan utama yaitu stabilisasi ketersediaan dan harga barang kebutuhan pokok di seluruh wilayah Indonesia,” kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, ID Food telah mendistribusikan minyak goreng Minyak Kita ke wilayah timur Indonesia melalui optimalisasi fasilitas tol laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Kupang, Timika, dan Merauke dengan jumlah muatan sebanyak 40 kontainer atau 669,6 ton yang setara dengan 744.000 liter. (Antara).