Bebas dari Covid-19, Masyarakat Dayak Gelai Bebayar Niat

Membawa Ancak : ENN/BERITA SAMPIT - Masyarakat Dayak saat membawa Ancak di dalam sanggar Banua.

SUKAMARA – Wakil Bupati Sukamara Ahmadi yang juga Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sukamara mengikuti acara adat Bebayar Niat di Sanggar Banua Desa Ajang Kecamatan Permata Kecubung, Minggu 25 September 2022.

Ahmadi menjelaskan jika pengaruh pandemi Covid-19 sangat terasa disegala sektor kehidupan baik di bidang kesehatan, ekonomi, pendidikan, keagamaan dan sosial budaya.

“Kegiatan beniat ini dalam rangka dimana setahun lalu masyarakat menggelar acara adat dan berniat jika Covid-19 ini sudah bebas maka akan diadakan acara niat ini,” kata Ahmadi saat membuka acara adat Bebayar Niat.

BACA JUGA:   PCNU Sukamara Bantu Korban Banjir

Menurut Ahamdi msyarakat Dayak beberapa waktu lalu Beniat/bejanji semaya, bayar taruhan di Senggiang Duwata/Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Kajang Buka arai hanyut apabila takabup peniatan/pekaulan masyarakat.

“Dan hari ini kita bersama-sama di Sanggar Banua Desa Ajang akan menebus atau membayar tahur atas tolak bala Covid-19 tersebut,” jelasnya.

Ahmadi berharap dengan membayar niat yang dilakukan masyarakat Desa Ajang dapat membuat Kabupaten Sukamara terhindar dari segala macam musibah.

BACA JUGA:   Bupati Sukamara Lantik Direktur PDAM Tirta Sukma

“Dan Tuhan yang maha esa dapat meridhoi segala langkah dan niat kita semua,” tukas Ahmadi. (enn)

(Visited 31 times, 1 visits today)