Banjarmasin Rayakan Hari Jadi ke-496, “Baiman Bauntung Batuah”

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina beserta istri juga wakilnya H Arifin Noor beserta istri bersalaman dengan pejabat SKPD usai ziarah makam Sultan Suriansyah sebagai rangkaian peringatan Harjad ke-496 Kota Banjarmasin 2022 di Banjarmasin Utara, Senin (26/9/2022). Antara/HO

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin dan DPRD setempat merayakan dan memperingati secara resmi Hari Jadi (Harjad) ke-496 berdirinya Kota Banjarmasin dengan mengambil tema “Baiman Bauntung Batuah”.

Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Senin 26 September 2022, menyatakan perayaan dan peringatan Harjad dimulai dengan tradisi ziarah ke makam pendiri, yakni Sultan Suriansyah atau raja pertama Banjar dilanjutkan rapat paripurna DPRD Kota Banjarmasin.

Menurut dia, semua proses perayaan dan peringatan Harjad yang tepatnya pada 24 September 2022 berjalan lancar dan khidmat, di mana tema pada tahun ini “Baiman Bauntung Batuah”.

Dikatakan Ibnu Sina, tema tersebut mengandung artian, yakni, Baiman warganya, barasih dan nyaman (enak) kotanya, bauntung dalam berusaha dan pulih dari pandemi COVID-19 dan moga terus bertuah atau berkah dari alim ulama, tokoh agama.

BACA JUGA:   Permudah Pengurusan Administrasi, Pemkot Banjarmasin Terapkan Pemanfaatan Tandatangan Elektronik

“Sehingga semuanya jadi berkah dalam kita membangun kota ini,” ujar Ibnu Sina.

Karena, ucap dia, kota tua di pinggiran sungai ini sudah sangat berkembang menjadi kota metropolitan, yang terus diupayakan kemajuannya menjadi kota sungai terindah di Indonesia.

“Kotanya boleh tua, tapi dinamika kehidupan masyarakatnya tetap mengikuti perkembangan zaman dan jadi kota yang lebih maju ke depan,” kata Ibnu Sina.

Apalagi, kata dia, Kota Banjarmasin sangat pantas menjadi pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) baru atau IKN Nusantara di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, provinsi tetangga Kalsel.

“Sejak awal kita sudah bilang , Kota Banjarmasin akan jadi pintu gerbang ekonomi se-Kalimantan pada 2025, itu lima tahun lalu sebelum IKN ditetapkan, ini jadi hal yang kebetulan,” tutur Ibnu Sina.

BACA JUGA:   Hasil MTQN ke-29: Jawa Timur Juara Umum, DKI Jakarta Juara Dua, Kalsel Juara Tiga

Pada Harjad Kota Banjarmasin ini, digelar berbagai kegiatan, yakni, Festival Anggrek Seribu Sungai dari 29 hingga 1 Oktober 2022 di Screen House Jalan Pangeran Hidayatullah, Banjarmasin Timur.

Kemudian gelar Banjarmasin Expo pada 28 September hingga 2 Oktober 2022 di Siring Sungai Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah.

Selanjutnya, Kemilau Banjarmasin Bungai pada 28 September 2022 di siring sungai Martapura di Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah dan Banjarmasin Sasirangan Festival pada 27 September hingga 1 Oktober 2022 di Jalan RE Martadinata depan Balaikota Banjarmasin.

(ANTARA)

(Visited 31 times, 1 visits today)