Komisi II DPRD Murung Raya Minta Pemkab Sosialisasi Pencegahan Kebakaran di Padat Penduduk

LULUS/BERITA SAMPIT- Kebakaran yang terjadi di Desa Bahitom belum lama ini.

PURUK CAHU- Musibah kebakaran yang terjadi di RT II Desa Bahitom Kecamatan Murung yang terjadi pada Jumat (9/9/2022) lalu menjadi pembelajaran bagi seluruh masyarakat, khususnya daerah-daerah kawasan padat penduduk.

Ketua Komisi II DPRD Murung Raya Heriyus M Yoseph mengatakan, pada kawasan padat pemukiman resiko dan potensi terjadinya kebakaran cukup tinggi di bandingkan kawasan-kawasan lainnya. Sehingga, perlu adanya langkah-langkah antisipasi baik dari masyarakat khususnya pengambil kebijakan strategis di kawasan tersebut.

Maka, politisi PDI Perjuangan ini pun mendorong pemerintah daerah melalui dinas terkait agar memberikan edukasi dan sosialisasi upaya pencegahan kabakaran kepada masyarakat yang berada di wilayah padat penduduk.

BACA JUGA:   Ketua DPRD Harapkan Besarnya APBD 2023 Dapat Menjawab Keluhan Masyarakat

“Kami di Komisi II selaku mitra kerja dari BPBD mendorong agar edukasi dan sosialisasi upaya pencegahan di masyarakat dapat tingkatkan. Terkait hal ini pihak BPBD perlu membangun sinergitas dengan pihak teknis lainnya seperti Satpol PP dan Damkar setempat agar dalam pelaksanaannya lebih tepat sasaran dan optimal,” kata Heriyus, Senin 26 September 2022.

Menurut dia, masyarakat memerlukan pengetahuan dasar bagaimana cara melakukan pencegahan kebakaran. Hal ini, Kata Heriyus, adalah upaya untuk mengantisipasi kebakaran sedini mungkin.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Dekopinda Menjadi Motor Penggerak Bagi Koperasi

“Sebelumnya pengetahuan dasar apa saja penyebab, bagaimana mengantisipasi dan meminimalisasi kerugian materi hingga korban jiwa, itulah pentingnya sosialisasi yang menjadi tugas bersama khususnya pemerintah daerah bersama pemerintah desa setempat,” tambahnya.

Tentunya, sambungnya, target kegiatan ini adalah masyarakat pada kalangan usaha, jasa dan semua warga secara umum agar ke depan potensi kebakaran pada lingkungan pada penduduk dapat di antisipasi sedini mungkin. (Lulus).

(Visited 20 times, 1 visits today)