Mukhtarudin Bersama Kemenperin Gelar Bimtek Kepada 60 Wirausaha Baru IKM di Lamandau Kalteng

Bimtek Pengembangan WUB IKM di Kabupaten Lamandau Kalimantan Tengah, Senin, (26/9/2022).

JAKARTA– Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian melalui Ditjen Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) menggelar bimbingan teknis kepada pelaku usaha di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah, Senin, (26/9/2022).

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penumbuhan dan Pengembangan Wirausaha Baru Industri Kecil Menengah (WUB IKM) di Kabupaten Lamandau ini diikuti 60 peserta dengan tiga jenis pelatihan yakni IKM Batik, IKM Kopi dan IKM Perbengkelan Roda Dua di Provinsi Kalimantan Tengah.

“Dengan adanya Bimtek ini, tentu kita mendorong mereka para peserta agar berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi di daerahnya,” tandas Mukhtarudin.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (LMEA) Kementerian Perindustrian Dini Hanggandari, Bupati Kabupaten Lamandau Hendra Lesmana, dan seluruh jajaran pemerintah kabupaten Lamandau Kalteng.

Mukhtarudin menekankan hal penting kepada para peserta WUB IKM yaitu tentang goal oriented di mana para pelaku usaha harus benar-benar menunjukkan potensi maksimalnya ketika menjalankan aktivitas Bimtek WUB IKM tersebut.

BACA JUGA:   Mukhtarudin dan BRIN Gelar Pelatihan dan Edukasi Literasi Informasi Era Digital Kepada 200 Ormas di Kalteng

“Jadi, bukan hanya sekedar seremonial semata atau target oriented gitu ya. Tapi harus Goal oriented. Sehingga betul-betul setelah kegiatan ini terciptalah usaha-usaha baru yang mampu bersaing secara nasional maupun internasional,” imbuh Mukhtarudin.

Adapun Bimtek ini merupakan yang ketujuh kalinya dilaksanakan Provinsi Kalimantan Tengah, sebelumnya dua kali digelar di Kabupaten Kobar, Palangkaraya, Kotim, Kapuas, Katingan dan sekarang Lamandau, dan akan dilanjutkan ke kabupaten-kabupaten lainnya.

Sebagai politisi Golkar Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah tentu Mukhtarudin dalam hal ini akan terus berusaha, dan tak akan akan berhenti memperjuangkan aspirasi dan program-program yang bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat, khususnya di seluruh kabupaten di Kalimantan Tengah.

Di kesempatan yang sama, Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut (LMEA) Kementerian Perindustrian Dini Hanggandari mengatakan bahwa kegiatan tersebut atas aspirasi Anggota Komisi VII DPR Mukhtarudin yang merupakan mitra dari Kementerian Perindustrian RI.

BACA JUGA:   Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul di Sumut dan Kaltim

Untuk itu, Dini berharap kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik guna meningkatkan wawasan dan keterampilan teknis serta dalam menguatkan jejaring dengan peserta lainnya di Provinsi Kalimantan Tengah itu sendiri.

“Karena kita saat ini adalah era kolaborasi di mana kerjasama satu sama lain dapat menciptakan pasar yang lebih besar,” tandas Dini Hanggandari.

Dini mengaku pembinaan bagi wirausaha baru IKM di Provinsi Kalimantan Tengah tentunya membutuhkan waktu agar terarah dan berkelanjutan.

“Oleh karena itu itu kami mengajak seluruh pihak terkait khususnya pemerintah daerah terus mendukung terwujudnya sinergi pembinaan Bimtek IKM tersebut,” pungkas Dini.

(adista/beritasampit)

(Visited 40 times, 1 visits today)