Pemkot Banjarmasin Gerakkan Sektor Pariwisata Sungai dengan Mengembangkan Perahu Wisata Bungas

Peluncuran perahu Banjarmasin Bungas sebagai transportasi wisata suaur sungai di Banjarmasin, Sabtu malam. (Antara/HO)

BANJARMASIN – Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mengembangkan perahu wisata yang bernama perahu Banjarmasin Bungas untuk menggerakkan sektor pariwisata sungai di wilayah ini.

Menurut Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Minggu 26 September 2022, peluncuran perahu wisata ini dilakukan untuk menjadi transportasi unggulan dalam wisata susur sungai.

Ia menjelaskan kegiatan susur sungai dari sungai induk Martapura hingga ke alur anak sungainya, yang memberikan pemandangan pemukiman pinggiran sungai, kebudayaan dan keunikan kegiatan masyarakat, merupakan wisata andalan kota.

Oleh karena itu, Ibnu Sina memastikan transportasi umum untuk wisata susur sungai ini akan terus dikembangkan, agar lebih nyaman, aman, bungas (cantik) dan menarik wisata.

“Ini adalah upaya dari pemerintah Kota Banjarmasin untuk mempromosikan pariwisata kota sungai, karena Banjarmasin dikenal sebagai kota seribu sungai dengan pasar terapungnya dan klotok-klotok wisatanya,” ujarnya.

Ia pun menegaskan transportasi “Perahu Banjarmasin Bungas” yang baru diluncurkan dapat dinikmati wisatawan tidak hanya malam hari, tetapi juga siang hari. Perahu ini juga dilengkapi tempat duduk yang nyaman dan alat keselamatan.

“Dengan menggunakan Perahu Banjarmasin Bungas untuk susur sungai, wisatawan bisa menikmati suasana kota, mau siang, mau pagi, mau sore, atau mau malam hari, tapi sepertinya malam hari susur sungai akan terlihat lebih baik lagi, karena akan terlihat suasana kehidupan Kota Banjarmasin lebih hidup” jelasnya.

Untuk tahap awal, perahu wisata ini disediakan sebanyak dua unit. Kedepannya, ia memastikan adanya penambahan, hingga menghiasi perahu wisata milik masyarakat.

“Di sini ada 80 unit klotok yang siap untuk direnovasi agar lebih baik dan juga lebih nyaman, kemudian ada sumbangan dari beberapa pihak, dan tahun depan kita rencanakan untuk kembali menganggarkannya,” katanya.

(ANTARA)