Bupati Sukamara Buka Rakor Registrasi Sosial Ekonomi

ENN/BERITA SAMPIT - Bupati Sukamara Windu Subagio saat menandatangani komitmen dukungan pendataan awal Regsosek.

SUKAMARA – Bupati Sukamara Windu Subagio membuka secara langsung rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) mencatat untuk membangun Indonesia yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Sukamara di Aula Kantor Bupati, Selasa 27 September 2022.

Windu Subagio mengatakan bahwa sesuai dengan pidato Presiden Republik Indonesia pada 16 Agustus 2022, dalam amandemen RUU APBN tahun anggaran 2023 tentang reformasi program perlindungan sosial diarahkan pada perbaikan basis data penerima melalui pembangunan data registrasi sosial ekonomi serta percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

“Saya mengharapkan nantinya data registrasi sosial ekonomi yang mencakup profil, kondisi sosial ekonomi, kondisi demografi, perumahan, keadaaan disabilitas, kepemilikan aset hingga informasi geospasial yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya,” kata Windu Subagio usai membuka kegiatan rakor Registrasi Sosial Ekonomi.

BACA JUGA:   Wabup Harapkan Ormas Bantu Pembangunan Sukamara

Windu menerangkan jika data induk kependudukan dan basis data tersebut harus sampai ke tingkat desa/kelurahan, mampu menjawab tantangan besar dalam program perlindungan sosial. Informasi komprehensif yang dikumpulkan melalui kegiatan regsosek diharapkan mampu menyajikan peringkat kesejahteraan setiap penduduk.

“Melalui data yang akurat akan meningkatkan ketepatan sasaran program pemerintah salah satunya ketepatan penyaluran berbagai program bantuan sosial,” jelas Windu Subagio.

BACA JUGA:   Ketersediaan Logistik bagi Korban Banjir di Sukamara Mencukupi

Dalam kesempatan itu, Bupati Sukamara juga memerintahkan kepada seluruh perangkat daerah agar memberikan dukungan nyata terhadap kegiatan pendataan awal Regsosek yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober – 14 November 2022.

“Secara khusus kepada seluruh camat dan lurah serta kepala desa agar menyampaikan informasi dan mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat diwilayahnya masing – masing, sehingga seluruh masyarakat mengetahui dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan pendataan ini,” tukas Windu Subagio. (enn).

(Visited 53 times, 1 visits today)