OJK Kalteng Harapkan Adanya Kolaborasi dan Sinergi Industri Keuangan dengan Media

Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy bersama para narasumber dan wartawan foto bersama di acara media update dan journalist class kepada insan pers di Kota Palangka Raya, Selasa (27/9/2022). ANTARA/Rendrik Andika.

PALANGKA RAYA – Kepala Otoritas Jasa Keuangan Kalimantan Tengah Otto Fitriandy mendorong para pelaku industri jasa keuangan, baik perbankan maupun industri nonbank, untuk tidak menghindar dari para wartawan.

“Ketiadaan akses wartawan dari para pelaku justru akan membuat opini berkaitan dengan industri jasa keuangan berkembang menjadi tidak mendekati permasalahan sebenarnya,” kata Otto saat acara Media Update dan Journalist Class kepada insan pers yang dilaksanakan OJK Kalteng di Palangka Raya, Selasa 27 September 2022.

Ia mengemukakan, berita yang dibuat wartawan terkait opini yang seharusnya lurus ke depan, berpotensi dapat menjadi miring ke kanan ke kiri bila tidak ada akses dari para pelaku industri jasa keuangan. Jadi, pihaknya mendorong untuk tak menghindari media atau para wartawan.

BACA JUGA:   BOS Madrasah dan BOP Raudhatul Athfal Tahap II Cair Bulan Ini

Hubungan serta sinergi yang baik antara pegiat media dan pelaku jasa keuangan, lanjut dia, dapat juga berdampak positif terhadap edukasi kepada masyarakat. Sebab, dari sisi informasi maupun produk industri jasa keuangan menjadi lebih diketahui dan dikenal oleh masyarakat melalui pemberitaan yang dibuat sekaligus ditayangkan oleh media.

“Jadi, saya berharap ke depan kolaborasi serta sinergi pelaku jasa industri keuangan yang ada di Kalteng semakin baik dengan media ataupun wartawan,” kata Otto.

Media Update dan Journalist Class kepada insan pers di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan OJK Kalteng turut menghadirkan Plt Direktur Utama PT Bank Kalteng A Selanorwanda, Direktur Keuangan, SDM dan Umum PT Jamkrida Kalteng Rio Kriswana, serta Guru Besar Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas Prod Abdul Mongid sebagai pembicara.

BACA JUGA:   Kalteng Promosikan Produk Unggulan Daerah pada Pameran Nasional

Sementara itu, Abdul Mongid mendorong para wartawan yang ada di Kota Palangka Raya mengulas berita-berita ekonomi, terkhusus soal inflasi, semenarik mungkin dan mudah dipahami masyarakat. Sebab, berita-berita tentang perekonomian, terkhusus inflasi, berdampak langsung terhadap masyarakat.

“Apalagi sekarang ini Presiden meminta seluruh kepada daerah di Indonesia untuk serius mengendalikan inflasi. Jadi, wartawan berperan penting juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait inflasi ini,” kata Abdul Mongid.

(ANTARA)

(Visited 19 times, 1 visits today)