Partisipasi Perempuan Cukup Tinggi pada Pendaftaran Panwaslu Kecamatan di Palangka Raya

Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Endrawati (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangka Raya Endrawati mengatakan bahwa tingkat partisipasi perempuan tergolong tinggi pada pendaftaran panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Sampai kemarin ada 66 orang yang mendaftar calon anggota panwaslu kecamatan. Dari jumlah itu, sebanyak 37 merupakan pria dan 29 lainnya perempuan,” kata Endrawati di Palangka Raya, Selasa 27 September 2022.

Sebanyak 66 orang itu, empat orang mendaftar sebagai Panwaslu Kecamatan Rakumpit, tujuh orang sebagai Panwaslu Kecamatan Bukit Batu, 29 orang sebagai Panwaslu Kecamatan Jekan Raya, 17 orang sebagai Panwaslu Kecamatan Pahandut, dan sembilan orang sebagai Panwaslu Kecamatan.

Endrawati mengapresiasi keikutsertaan wanita dalam pendaftaran  panwaslu kecamatan yang juga membuktikan bahwa perempuan juga mampu mengemban tugas yang tidak ringan.

BACA JUGA:   Praktisi Hukum Beri Efek Jera Oknum Dosen UPR Diduga Lakukan Pelecehan

Calon anggota panwaslu kecamatan yang dicari Bawaslu “Kota Cantik” sebanyak 15 orang. Mereka bertugas melakukan pengawasan di lima kecamatan di Kota Palangka Raya, atau setiap tiga anggota panwaslu kecamatan akan bertanggung jawab di satu kecamatan.

Ia mengatakan bahwa pendaftaran tersebut mulai 21 hingga 27 September 2022, kemudian pengumuman hasil penelitian berkas pada tanggal 12 Oktober 2022.

Para pelamar yang dinyatakan lulus dalam tahapan penelitian pemberkasan akan mengikuti tes tertulis yang dijadwalkan pada tanggal 14—16 Oktober 2022. Pengumuman hasil tes tertulis pada tanggal 17 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Pesilat Perguruan Tapak Suci SMA Muhammadiyah I Palangka Raya Wakili Kalteng di Popnas

Tes wawancara dilaksanakan pada tanggal 18—22 Oktober 2022 dan untuk hasil akhir nantinya akan diumumkan oleh pihak bawaslu setempat setelah semua tahapan seleksi selesai.

Di sisi lain, salah satu tantangan bagi panwaslu kecamatan dalam menjalankan tugas di Kota Palangka Raya, kata dia, adalah sejumlah wilayah yang hanya dapat dijangkau melalui transportasi air.

Baswaslu Kota Palangka Raya mencatat wilayah tersebut, yakni Kelurahan Murung Baru, Panjehang, Petuk Barunai, Bukit Sua, Gaung Baru. Kemudian Kelurahan Bereng Bengkel, Kameloh Baru, Danau Tundai, dan Kelurahan Kanarakan.

(ANTARA)

(Visited 27 times, 1 visits today)