TNI Bantu Padamkan Kebakaran Lahan Kosong di Kelurahan Kereng Bangkirai

IST/BERITA SAMPIT - Proses pemadaman api akibat kebakaran lahan kosong di Jalan Dulin Kandang Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya, Selasa 27 September 2022.

PALANGKA RAYA – Satuan Teritorial Kodim 1016 Palangka Raya membantu memadamkan kebakaran lahan kosong di Jalan Dulin Kandang Kelurahan Kereng Bangkirai Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya, Selasa 27 September 2022.

Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan sebagai Wakil Komandan (Wadan) Satgas Karhutla Palangka Raya turun tangan langsung ke lapangan untuk memimpin pemadaman api, di lokasi kebakaran.

Dua buah helikopter Water Bombing pun dikerahkan untuk memadamkan kebakaran tersebut akibat tidak terjangkaunya lokasi yg dikelilingi rawa.

Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan mengatakan, bahwa telah dilaksanakan usaha untuk memadamkan api oleh personel Kodim 1016 Palangka Raya, Yonif Raider 631/Atg beserta anggota BPBD Kota Palangka Raya dengan bantuan peralatan berupa 3 unit mobil Damkar dari Pemko dan Helikopter Water Bombing.

“Sampai saat ini anggota Koramil 1016-01 Pahandut bersama pihak BPBD tetap memantau dan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu memadamkan api, dan mengantisipasi apabila api muncul kembali,” ucapnya.

Ia juga mengimbau dan mengajak masyarakat berhati-hati untuk tidak membuat potensi kebakaran di saat musim panas berlangsung.

“Kami mengimbau agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah sembarangan yang dapat menjadi potensi kebakaran, apalagi di musim panas seperti ini dapat membuat kebakaran cepat meluas,” lugasnya.

Aparat gabungan TNI dan Kepolisian terus meningkatkan patroli dan penegakan hukum terkait dengan kesengajaan membakar hutan dan lahan di lokasi terkena dampak Karhutla. Sosialisasi juga terus ditingkatkan kepada semua pihak agar tidak membakar hutan dan lahan.

Diketahui, helikopter milik BNPB dikerahkan untuk melakukan pengeboman air atau Water Bombing di titik api yang berada di lokasi kebakaran hutan dan lahan, (Karhutla) di wilayah tersebut. Selain pemadaman melalui jalur udara dengan water bombing, pemadaman kebakaran lahan dan hutan juga terus dilakukan melalui jalur darat. (Hardi)