Desa Satiruk Bakal Ganti Status Jadi Desa Berkembang

ARIFIN/BERITA SAMPIT - Infrastruktur jalan desa menuju pantai yang ada di Desa Satiruk, Kecamatan Pulau Hanaut, Kotim, Kalteng.

SAMPIT – Desa Satiruk, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), bakal naik status. Sebelumnya dinyatakan sebagai desa tertinggal menjadi desa berkembang.

“Di Kecamatan Pulau Hanaut ada dua desa yang dinyatakan sebagai desa tertinggal yakni, Serambut dan Satiruk,” ucap Kepala DPMD Kotim melalui Kepala Bidang Pembangunan dan Keuangan Desa Awung Ganda Laki saat menghadiri Musrenbangdes tahun anggaran 2023 di balai pertemuan desa setempat, Selasa 27 September 2022.

Menurutnya, ada beberapa fasilitas pendukung yang telah penuhi pemerintah Desa Satiruk untuk menjadi desa berkembang seperti, adanya menara operator seluler, Polindes, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) unit usaha perbankan yakni, BRILink.

BACA JUGA:   Penyusunan APBD 2023 Belum Sepenuhnya Mampu Akomodir Aspirasi Masyarakat, Berikut Rinciannya

“Kami lihat menara operator seluler sudah berdiri walaupun masih belum dioperasionalkan, tahun depan akan dibangunkan polindes baru, sedangkan BUMDes sudah jalan dan hasilnya sudah puluhan juta per tahun,” ujar Awung.

Akan tetapi, lanjutnya, untuk mengubah status dari desa tertinggal menjadi desa berkembang juga harus memenuhi kriteria lainnya misalnya, di sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur jalan desa guna memenuhi jumlah angka yang ditentukan oleh Kemendes.

BACA JUGA:   Diduga Jual Sabu di Rumahnya, Seorang Mahasiswa Diamankan Polisi

“Yang pastinya, ini masih sebatas usulan bahwa Desa Satiruk akan menjadi desa berkembang, kami usulkan melalui aplikasi dan mudah-mudahan paling lambat tahun depan sudah ada hasilnya,” tegas Awung.

Sebelumnya, DPMD Kotim menyebutkan ada tujuh desa tertinggal yang sedang diperjuangkan untuk menjadi desa berkembang. Dua desa diantaranya ada di Kecamatan Pulau Hanaut yakni, Desa Serambut dan Desa Satiruk. (ifin).

(Visited 83 times, 1 visits today)