Mahasiswa Fisipol UPR Pelajari Tugas Wakil Rakyat di DPRD Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Suasana kunjungan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Palangka Raya ke DPRD Kalteng.

PALANGKA RAYA – Dalam rangka belajar tentang tugas dan fungsi para wakil rakyat, ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Palangka Raya (UPR) berkunjung ke DPRD Kalteng, Rabu 28 September 2022.

Kehadiran mereka diterima langsung Ketua DPRD Kalteng Wiyatno didamping Wakil Ketua II Jimmy Carter, Wakil Ketua III Faridawaty Darland Atjeh, Ketua Komisi III Siti Nafsiah, Wakil Ketua Komisi III Siswandi, anggota Komisi III Sri Neni Trianawati, Duwel Rawing dan Evi Kahayanti, kemudian Ketua Komisi II Achmad Rasyid dan Sekretaris Komisi I Sirajul Rahman.

Pada kesempatan tersebut Ketua DPRD Kalteng secara langsung memberikan selayang pandang tentang jumlah wakil rakyat, komisi, fraksi, badan kehormatan serta tugas dan fungsi wakil rakyat sesuai tupoksi dan kewenangan.

BACA JUGA:   Pengawasan Obat dan Makanan Merupakan Agenda Reformasi Pembangunan Nasional

Sementara itu, Dosen Pendamping, Iin Aprilina mengatakan kehadiran mereka khususnya berkaitan dengan mata kuliah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Jurusan Ilmu Administrasi Negara Universitas Palangka Raya.

“Maksud tujuan mengingat mata kuliah berkaitan langsung dengan pemerintah daerah, kami selama ini lebih banyak teori. Kami juga ingin bisa langsung mendengar dan bertatap muka dewan wakil rakyat. Kegiatan ini terkait juga studi lapangan, bagaimana mendengarkan tugas dan fungsi anggota dewan,” jelas Iin Aprilina.

Disampaikan Iin, bahwa studi lapangan ini juga terkait Tupoksi DPRD dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Provinsi Kalimantan Tengah.

BACA JUGA:   Pengurus DAD Harus Terus Bersinergi Majukan Dayak

“Berkenaan pentingnya memberi pemahaman yang utuh kepada mahasiswa terkait, administrasi Pemerintahan Daerah dimana salah satu pokok bahasannya adalah Tugas dan Fungsi DPRD serta alat kelengkapan DPRD,” jelasnya.

Mahasiswa juga berkesempatan melihat ruang komisi, ruang fraksi, ruang Bapemperda, ruang badan kehormatan dan ruang pimpinan. Setelah itu juga dirangkai foto bersama dan juga ramah tamah wakil rakyat dengan ratusan mahasiswa dan mahasiswi yang hadir. (Hardi).

(Visited 173 times, 1 visits today)