Anak TK dan PAUD Belajar Soal Pertanian di UPR

IST/BERITA SAMPIT - Rangkaian Kunjungan Peserta Didik TK dan PAUD Az Zahra di Fakultas Pertanian Universitas Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Laboratorium Instalasi Kebun Percobaan, Jurusan Budidaya Pertanian, Universitas Palangka Raya (UPR) menjadi pilihan sebagai sarana edukasi mengenai berbagai hal tentang pertanian bagi anak usia dini.

Instalasi Kebun Percobaan tersebut kembali mendapat kunjungan dari TK dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Tiara Az-Zahra yang merupakan salah satu lembaga pendidikan Non formal yang berada di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, pada Rabu, 28 September 2022.

Sebanyak 75 (tujuh puluh lima) peserta didik dari TK dan PAUD Tiara Az-Zahra datang berkunjung ke Fakultas Pertanian UPR, khususnya di Instalasi Kebun Percobaan, Jurusan Budidaya Pertanian untuk melakukan pembelajaran luar ruangan.

Seluruh peserta didik dikenalkan tentang alat-alat pertanian, Pengenalan jamur tiram, mengenal jenis-jenis tanaman (jagung, tomat, terong, lombok dan jahe merah), mengenal bunga kol secara hidroponik dan non hidroponik, menanam tanaman hias dalam botol bekas serta diakhiri dengan kegiatan praktek menanam secara microgreen.

Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Ir Sosilawaty, MP menyambut baik program kunjungan ke Fakultas Pertanian yang dilaksanakan sekolah TK dan PAUD Az-Zahra dan mempersilahkan jika suatu saat akan melakukan kegiatan yang sama.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK dan PAUD Tiara Az-Zahra, Siti Zumaroh, S.Pd menyampaikan bahwa kegiatan pembelajaran tentang pertanian ini sangat baik sekali bagi peserta didiknya.

Sementara itu, Ketua Jurusan Budidaya Pertanian, Ir. Robertho Imanuel, MP juga menyambut baik dan mengucapkan selamat datang di jurusan Budidaya Pertanian.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Instalasi Kebun Percobaan, Dr. Titin Apung Atikah, SP., MP yang sekaligus mendampingi jalannya kegiatan di Instalasi Kebun Percobaan.

Ia menuturkan bahwa pendidikan anak sejak usia dini sangat penting dilakukan salah satunya melalui pengenalan berbagai hal tentang pertanian.

“Melalui kegiatan ini, anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang dunia pertanian dan dapat menumbuhkan kecintaan terhadap lingkungan hijau,” tuturnya.

Pelaksanaan kegiatan edukasi di luar ruangan ini, selain dibimbing oleh pihak Instalasi Kebun Percobaan juga didampingi dan dilakukan langsung oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Jurusan Budidaya Pertanian.

“Semoga kegiatan serupa terus berlangsung guna memberikan manfaat kepada mahasiswa, masyarakat luas dan nama baik Universitas Palangka Raya, khususnya Fakultas Pertanian,” tutur Koordinator Pelaksana Kegiatan, Muhammad Adiyat Wahyudi. (RMP).