Derbi London Utara, Arsenal Menang 3-1 Kontra Tottenham Hotspur

Gelandang Arsenal Granit Xhaka merayakan golnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Stadion Emirates, London, Inggris, Sabtu (1/10/2022). ANTARA/REUTERS/DAVID KLEIN

JAKARTA – Arsenal keluar sebagai pemenang Derbi London Utara setelah menghajar Tottenham Hotspur dengan skor 3-1 dalam laga pekan kesembilan Liga Premier Inggris di Stadion Emirates, London, Sabtu 1 Oktober 2022.

Keunggulan tuan rumah yang dihasilkan Thomas Partey sempat dihapuskan oleh Tottenham melalui eksekusi penalti Harry Kane, tetapi Gabriel Jesus dan Granit Xhaka sukses mengantarkan Arsenal merestorasi keunggulan hingga memenangi pertandingan atas tamunya yang dipaksa main dengan 10 pemain sejak menit ke-62 karena kartu merah Emerson Royal.

Kemenangan ini membuat tim besutan Mikel Arteta kian kukuh di puncak klasemen dengan koleksi 21 poin, unggul empat poin dari Manchester City dan Tottenham yang berurutan menempati posisi kedua dan ketiga, demikian catatan situs resmi Liga Inggris.

Arsenal tampil menekan tamunya sejak awal dan nyaris membuka keunggulan pada menit ketiga melalui tembakan bek Gabriel Magalhaes tapi kiper Hugo Lloris masih bisa mengamankan gawang Tottenham.

Sebaliknya tim tamu tampak kesulitan mengembangkan permainan dalam 10 menit pertama dan baru bisa menciptakan peluang pada menit ke-13 lewat Richarlison, sayang tembakan pemain asal Brasil itu belum cukup untuk menaklukkan kiper Aaron Ramsdale.

Publik tuan rumah bersorak riuh pada menit ke-20 ketika Partey membuka keunggulan Arsenal memanfaatkan umpan sodoran Ben White demi menghujamkan bola pojok kanan atas gawang Tottenham.

Tottenham berusaha bermain sabar dalam keadaan tertinggal hingga memperoleh hadiah tendangan penalti setelah Richarlison dijatuhkan Gabriel di area terlarang, dan Kane yang maju jadi algojo sukses mengecoh Ramdale untuk mengubah skor menjadi imbang 1-1 pada menit ke-31.

Skor 1-1 bertahan hingga turun minum dan empat menit memasuki babak kedua Arsenal langsung menggebrak untuk merestorasi keunggulan mereka ketika Jesus dengan cermat memanfaatkan kemelut di depan gawang Tottenham setelah Lloris gagal mengantisipasi sempurna tembakan kaki kiri Bukayo Saka.

Gol tersebut membuat Arsenal semakin percaya diri menekan Tottenham, hingga malapetaka menimpa tim tamu lantaran Emerson melanggar Gabriel Martinelli yang langsung dihadiahi kartu merah oleh wasit pada menit ke-62.

Situasi 11 lawan 10 langsung bisa dimanfaatkan oleh Arsenal yang lima menit setelah kartu merah Emerson menambah keunggulan melalui aksi Xhaka melepaskan tembakan kaki kiri tak jauh dari garis kotak penalti.

Ketertinggalan dua gol direspon Antonio Conte dengan melakukan empat pergantian pemain sekaligus, tetapi langkah itu tak banyak mengubah keadaan maupun skor 3-1 yang dipertahankan Arsenal hingga peluit tanda bubaran.

Arsenal selanjutnya akan menjamu Liverpool di Emirates pada Minggu (9/10) pekan depan, sedangkan Tottenham sehari sebelumnya melawat ke markas Brighton & Hove Albion.

Namun sebelum itu kedua tim akan melanjutkan kiprah di Eropa. Tottenham bakal melakoni lanjutan Grup D Liga Champions di markas Eintracht Frankfurt pada Selasa (4/10) dan Arsenal dua hari berselang menjamu Bodo/Glimt dalam pertandingan Grup A Liga Europa.

Susunan Pemain:

Arsenal (4-2-3-1): Aaron Ramsdale; Ben White (89′ Tomiyasu), William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko (73′ Tierney); Thomas Partey (73′ Lokonga), Granit Xhaka; Bukayo Saka, Martin Odegaard (80′ Vieira), Gabriel Martinelli; Gabriel Jesus (80′ Nketiah).
​​​​​
Tottenham (3-4-2-1): Hugo Lloris; Cristian Romero, Eric Dier, Clement Lenglet (71′ Sanchez); Emerson Royal, Pierre-Emile Hojbjerg (75′ Skipp), Rodrigo Bentancur, Ivan Perisic (71′ Bissouma); Richarlison (71′ Sessegnon), Son Heung-Min (71′ Doherty); Harry Kane.

(ANTARA)