Gerindra Katingan Incar Kursi Pimpinan DPRD

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Partai Gerindra Kabupaten Katingan Budy Hermanto (Jaket Warna Abu-abu) saat menyerahkan berkas tahap pertama baceleg di DPD Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Tengah.

KASONGAN – Partai Gerindra Kabupaten Katingan sedang merancang formulasi untuk merebut kembali kursi pimpinan DPRD Katingan pada pileg 2024 mendatang, Gerindra kini telah melakukan rekrutmen bakal calon legislatif (Baceleg) yang ikut berkompetisi.

Hal ini tersebut diungkapkan Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Katingan Budy Hermanto saat menyerahkan berkas Bacaleg tahap pertama ke DPD Partai Gerindra Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu, 1 Oktober 2022 di Palangka Raya.

“Hari ini kami telah menyerahkan berkas Baceleg tahap pertama di DPD Partai Gerindra Provinsi Kalteng didamping pengurus DPC Gerindra Katingan lainnya, tahapan ini merupakan mekanisme Partai dalam menyaring Bacaleg yang akan ikut berkompetisi di Pileg 2024 mendatang,” ungkap Pria yang sering disapa Budy tersebut.

Di Pileg 2024 mendatang, pihaknya mempunyai target merebut kembali kursi pimpinan DPRD Katingan seperti Pileg 2014 yang lalu.

Politisi kelahiran Desa Talingke itu juga mengakui tantangan yang nantinya di hadapi Partai Gerindra sendiri di Pileg 2024 ini bukan hal yang mudah. Mengingat saati ini Gerindra hanya mampu meraih 2 kursi dari 25 kursi yang ada di DPRD Katingan.

Bila berkaca dari Pileg 2014 Gerindra berhasil memperoleh 4 kursi di DPRD Katingan, hasilnya Gerindra mampu mengantarkan kadernya menduduki kursi unsur pimpinan yaitu wakil Ketua I DRPD Katingan.

BACA JUGA:   PDI Perjuangan 2024 Targetkan 15 Kursi di DPRD Kotim

Hal sebaliknya terjadi, di Pileg 2019 Gerindra mengalami penurunan dalam capaian kursi di DPRD. Hasil Pileg 2019 Gerinda hanya berhasil mendudukan 2 kadernya.

“Target kami mengembalikan kursi pimpinan DPRD Katingan dan memenangkan ketum Umum Gerindra Prabowo Subianto menjadi presiden,” tegasnya.

Meski berat perjuangan untuk mengembali kejayaan Partai Gerindra di Bumi Penyang Hinjei Simpei tersebut, Budy optimis dengan majunya Ketua Umum Prabowo menjadi Capres akan memberikan semangat bagi kader dan simpatisan untuk memenang pemilu 2024.

Selain itu, strategi penyusunan Bacaleg di setiap dapil merupakan kunci kemenangan dalam Pileg 2024 mendatang. Pihaknya terus melakukan kajian dan analisasa terkait kader dan non kader yang ikut berkompetisi di Pileg 2024.

“Sekali lagi saya tegaskan kami optimis mampu meraih hasil yang maksimal di Pileg 2024 mendatang, sekarang caleg yang mendapat di Gerindra Katingan sudah semua terpenuhi baik dari unsur 30 % perempuan maupun daerah pemilihanya, nanti kita lihat perkembangan selanjutnya,”tutupnya.

BACA JUGA:   3 Orang Pejabat Pemkab Katingan Diberhentikan Secara Tidak Hormat

Diketahui total kursi di DPRD Katingan saat ini sebanyak 25 kursi terdiri dari III daerah pemilihan dengan komposisi dapil I sebanyak 10 kursi, dapil II 6 kursi dan dapil III 9 kursi.

Berikut nama-nama calon terpilih hasil pemilu 17 April 2019. Untuk daerah pemilihan I meliputi Kecamatan Katingan Hilir, Tewang Sanggalang Garing dan Kecamatan Pulau Malan ada 10 kursi.

Mereka yang duduk yakni, Fahrul Razi, Endang Susilawarie, Marwan Susanto, Amirun, Ramba, Toni Yosepta, Dahlia, Hanafi, M Fahrudin dan Wiwik Aurola.

Sementara daerah pemiluhan II meliputi Kecamatan Kamipang, Tasik Payawan, Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala ada jatah 6 kursi. Mereka adalah, Aldy A, kemudian Budy Hermanto, Yudea Prationa, Riming, Eterly, dan Firdaus.

Sedangkan untuk daerah pemilihan III meliputi Katingan Tengah, Sanaman Mantikei, Marikit, Petak Malai, Katingan Hulu dan Kecamatan Bukit Raya yaitu ada 9 kursi.

Mereka adalah, Sugianto, Ignatius Mantir L Nussa, Supriadi, Rudi Hartono, Nanang Suriansyah, Winda Natalia, Leddie Aberson, Esenhover, dan M Efendi.

(Kawit)

(Visited 67 times, 1 visits today)