Laporan KPU Kobar: PDPB Kobar Akhir September 2022 Jumlah 184.983 Orang

MAN/BERITA SAMPIT - Rapat Koordinasi PDPB diakhiri dengan penyerahan PDPB dari KPU kepada Ketua Bawaslu Kabupaten Kobar.

PANGKALAN BUN – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kini sudah mulai diwarnai kesibukan, tentunya selain seluruh Partai Politik (Parpol) mulai berbenah juga menyusul Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kobar sudah mulai disibukkan dengan berbagai kegiatan.

Seperti halnya, Jumat 30 September 2022 sore kemarin, KPU kembali menggelar kegiatan Rapat Koordinasi bersama instansi terkait, acara Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) di Aula Kantor Camat Arut Selatan (Arsel).

“Sampai akhir September 2022 jumlah PDPB di Kabupaten Kobar sebanyak 184.983 dan pemutakhiran data pemilih ini akan terus diperbarui, lantaran menjadi salah satu pekerjaan yang harus dituntaskan,” kata Anggota KPU Puji Suharyanti.

Menurutnya, untuk jumlah PDPB di Kabupaten Kotawaringin Barat ini terus mengalami penambahan. Mengingat KPU juga terus bekerja untuk melakukan pemutakhiran data pemilih.

“Pada bulan Agustus lalu jumlah PDPB Kobar sebanyak 175.221. Kemudian sampai akhir September jumlah PDPB Kobar naik menjadi 184.983 orang. Jumlah ini ada kenaikan yang signifikan karena ada limpahan data dari KPU RI sebanyak 18.373 pemilih. Namun ada 209 data yang sesuai PDPB. Selanjutnya ada tambahan lagi 9.000 pemilih yang memenuhi syarat,” ujarnya.

Dengan jumlah tersebut lanjut Pudji, nantinya harus disinkronkan dengan pusat. Maka datanya sudah dikunci dari daerah dan pusat harus sama. Sementara untuk ke depan jika ada potensi data pemilih juga bakal diakomodir, mengingat jumlah pemilih baru ini sangat banyak, terutama dari kalangan pelajar kemudian orang pindah dan lainnya.

“Seperti lima tahun yang lalu kegiatan KPU selalu bekerjasama dengan instansi terkait, khususnya dalam berkaitan masalah data pemilih. Sehingga nantinya bisa terus update dan tidak ada perbedaan antara daerah dan pusat,” pungkas Pudji Suharyanti. (Man).