Pembentukan Paradigma yang Tepat Terhadap Pancasila Penting Dilakukan Seiring Derasnya Arus Globalisasi

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli Gubernur (SAG) Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko

PALANGKA RAYA – Pembentukan Paradigma yang tepat terhadap dasar negara Pancasila penting dilakukan seiring dengan derasnya arus globalisasi serta masuknya ideologi yang tidak sesuai dengan nilai dan budaya Indonesia. Hal ini disampaikan Gubernur Kalteng dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko pada kegiatan pawai/parade serta ikrar kebangsaan dalam rangka Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Tugu Soekarno Palangka Raya, Sabtu 1 Oktober 2022.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini hendaknya dapat dijadikan sebagai momentum untuk semakin menghayati nilai-nilai yang ada di dalamnya,” ucapnya.

BACA JUGA:   Dinas Ketahanan Pangan Gelar Rakor, Harapkan Adanya Solusi Terbaik Atasi Ketahanan Pangan

Pemahaman menyeluruh terkait esensi nilai-nilai pancasila, menjadi agenda vital yang harus diupayakan untuk diperdalam terutama generasi muda sebagai pemegang kepemimpinan di masa depan.

“Selaras dengan hal tersebut, menghayati nilai-nilai Pancasila berarti mampu untuk saling hormat-mengormati, bersikap adil kepada sesama, dan menerapkan gotong-royong dalam kehidupan bermasyarakat,” lugasnya.

Momentum Hari Kesaktian Pancasila harap Yuas masih dalam sambutan Gubernur, dapat menjadi salah satu media untuk saling terhubung antara satu sama lain, sehingga tercipta sikap saling pengertian dan saling menghormati. Kerukunan dan kedamaian yang selama ini telah dijiwai oleh masyarakat Kalimantan Tengah, dapat terus tumbuh dan terpelihara, sehingga iklim sosial yang harmonis dapat senantiasa terjaga.

BACA JUGA:   Infrastruktur Lumbung Pangan Nasional Dalam Kondisi Mantap

“Saya mengajak Bapak/Ibu yang hadir untuk senantiasa menjunjung tinggi toleransi, semangat kebersamaan, dan persaudaraan sehingga tercipta persatuan dan kesatuan yang erat yang melahirkan sinergitas, sehingga berimplikasi pada kelancaran pembangunan pada berbagai sektor,” pungkasnya. (Hardi)

(Visited 20 times, 1 visits today)