Sekda Kalteng Operasi Pasar untuk Menjaga Stabilitas Pangan

IST/BERITA SAMPIT - Sekretaris Daerah Kalteng Nuryakin saat diwawancara awak media.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng), Nuryakin memimpin Tim Satgas Pangan bersama TPID Provinsi Kalteng dalam rangka operasi pasar untuk memantau pasokan dan harga bahan pangan di sejumlah Pasar Rakyat di Kota Palangka Raya, Minggu 2 Oktober 2022.

Operasi pemantauan Pasar Rakyat ini digelar dalam rangka menjaga stabilisasi pasokan, stok dan harga bahan pangan sebagai bagian dari upaya Pemprov Kalteng untuk terus menekan lonjakan inflasi, khususnya dengan adanya kenaikan harga BBM.

Pemantauan diawali dengan meninjau Pasar Besar, dilanjutkan ke Kompleks pertokoan Gas Elpiji di Jalan S. Parman, dan diakhiri di Pasar Kahayan. Pada tiap titik peninjauan, Sekda berinteraksi dengan sejumlah penjual, menanyakan seputar harga dan ketersediaan bahan pokok.

BACA JUGA:   Dinas Kelautan dan Perikanan Kalteng Umumkan Nominator Lomba Fotografi Hari Ikan Tingkat Nasional

Dalam sesi wawancara usai kegiatan, Sekda Nuryakin menyatakan dalam pemantauan dijumpai adanya bahan-bahan pokok yang harganya turun, meski memang ada pula yang naik seperti beras, tetapi tidak signifikan. Sekda pun menegaskan ketersediaan stok bahan pangan dipastikan aman.

“Ketersediaan barang (pokok) ini aman. Jadi, kami harapkan kepada masyarakat, dalam hal ini bahwa stok tersedia lengkap, pemerintah selalu hadir di tengah-tengah masyarakat. Daya beli masyarakat turun tidak juga, karena pertumbuhan ekonomi kita cukup bagus, ya,” ujarnya.

BACA JUGA:   BEM FH UPR: Kami Tetap Menolak RKUHP

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) terus melakukan berbagai langkah strategis dalam upaya untuk mengendalikan laju inflasi, antara lain dengan menggelar pasar murah dan pasar penyeimbang serta pemantauan pasar secara rutin. (Hardi).

(Visited 28 times, 1 visits today)