Juventus Bobol Gawang Bologna Tiga Gol Tanpa Balas

Gelandang Juventus Filip Kostic (tengah) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Bologna pada 3 Oktober 2022. ANTARA/AFP/MARCO BERTORELLO

JAKARTA – Juventus kembali ke jalur kemenangan usai melumat Bologna tiga gol tanpa balas dalam lanjutan Liga Italia pekan ke-8 di Allianz Stadium pada Senin 3 Oktober 2022 dini hari WIB.

Tiga gol Juventus masing-masing dicetak oleh Filip Kostic, Dusan Vlahovic dan Arkadiusz Milik untuk mengakhiri puasa kemenangan sejak awal September lalu.

Kemenangan ini mengangkat posisi Juventus ke urutan tujuh dengan 13 poin dari delapan laga. Sementara Bologna tertahan di posisi 17 dengan baru mengumpulkan enam poin.

Menuju pertandingan ini, skuad besutan Massimiliano Allegri itu sudah tanpa kemenangan dalam lima pertandingan terakhir dengan dua hasil imbang dan tiga kekalahan.

Juve menciptakan peluang pertama saat laga baru berjalan dua menit. Manuel Locatelli melepaskan tembakan dari luar kotak penalti usai menuntaskan kerja sama dari Alex Sandro dan Filip Kostic, tetapi sepakannya masih melambung.

Tim tuan rumah kembali mengancam pada menit ke-14. Umpan silang Kostic mengarah ke Weston McKennie, yang berdiri bebas. Namun, tandukannya tepat ke arah kiper Bologna Lukas Skorupski.

Juve akhirnya membuka keunggulan sepuluh menit kemudian. Berawal dari serangan balik, Dusan Vlahovic yang berlari di tengah lantas mengoper ke Kostic di kiri. Pemain asal Serbia itu menuntaskannya dengan sepakan mendatar yang bersarang ke gawang Bologna. Skor menjadi 1-0 untuk tim asuhan Allegri.

Peluang bagus buat Juventus enam menit berselang. Umpan lob Sandro diterima Arkadiusz Milik di dalam kotak penalti, tetapi upayanya mengarah ke tengah sehingga ditepis oleh Skorupski. Babak pertama berakhir tanpa adanya tambahan gol.

Juve melanjutkan penampilan menyerang mereka di babak kedua. Si Nyonya Tua sukses mencetak gol kedua pada menit ke-59. Kali ini Vlahovic yang mencatatkan namanya di papan skor.

Berawal dari serangan cepat, Locatelli memainkan umpan ke McKennie yang lantas melepaskan umpan silang dan ditanduk Vlahovic ke dalam gawang. Juve unggul 2-0.

Milik memantapkan penampilan Juve dengan gol ketiga pada menit ke-62. Umpan Juan Cuadrado mampu diselesaikan Milik dengan sepakan voli, yang tidak kuasa dibendung kiper Bologna. Tim tuan rumah unggul 3-0.

Juventus mencetak gol keempat mereka pada menit ke-72. Umpan sepak pojok dari Paredes disambar Adrien Rabiot. Sepakannya tidak bisa dihalau kiper, hanya saja gagal masuk ke gawang karena membentur tiang.

Peluang lain tercipta oleh Juventus pada menit ke-87. Umpan Juan Cuadrado dihajar Sandro dengan tembakan yang mengarah ke Vlahovic. Penyerang asal Serbia itu tidak berhasil membelokkannya ke dalam gawang.

Tidak ada lagi gol tercipta sampai laga usai. Juventus mengunci kemenangan 3-0.

Susunan Pemain:
Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Leonardo Bonucci, Bremer, Alex Sandro; Weston McKennie (Juan Cuadrado 60′), Manuel Locatelli (Fabio Miretti 77′), Adrien Rabiot (Mattia de Sciglio 77′), Filip Kostic (Leandro Paredes 60′); Arkadiusz Milik (Moise Kean 81′), Dusan Vlahovic

Bologna (4-2-3-1): Lukasz Skorupski; Lorenzo De Silvestri (Cambiaso 61′), Kevin Bonifazi, Joaquin Sosa, Charalampos Lykogiannis; Jerdy Schouten (Aebischer 77′), Nicolas Domínguez (Medel 61′); Riccardo Orsolini, Roberto Soriano (Ferguson 77′), Nicola Sansone (Vignato 61′); Marko Arnautovic

(ANTARA)