Pembangunan Bidang Perpustakaan Sekolah Berperan Strategis Cerdaskan Bangsa

HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalteng Luqman Alhakim saat menyampaikan laporan.

PALANGKA RAYA – Pembangunan bidang perpustakaan sekolah satuan pendidikan menengah tingkat Provinsi tahun 2022 mempunyai peranan yang penting dan strategis, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah, Luqman Alhakim saat memberikan laporan rapat kerja bidang perpustakaan satuan pendidikan menengah se-Kalteng, di Hotel Aquarius Palangka Raya, Selasa 11 Oktober 2022.

Hakekat perpustakaan menurut undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan dan undang-undang nomor 45 tahun 2007 tentang kearsipan adalah sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa dan memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dengan program prioritas nasional pemerintah berkewajiban untuk menggalakkan promosi gemar membaca dengan melalui fasilitas perpustakaan dan memberikan kebijakan teknis dalam penyelenggaraan pembinaan dan pengawasan kearsipan.

Sehingga dengan demikian masyarakat menjadi semakin cerdas serta masyarakat mengetahui arti pentingnya arsip tidak hanya pada level pemerintah saja, tetapi yang pada akhirnya rapat kerja bidang perpustakaan sekolah Satuan pendidikan menengah ikut dan berperan.

Selain itu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mampu menjadi ruang terbuka, bagi masyarakat untuk memperoleh solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Rapat kerja yang dilaksanakan tersebut merupakan langkah strategis dalam upaya menyamakan visi, misi, program dan kegiatan khususnya untuk rapat kerja teknis bidang perpustakaan sekolah satuan pendidikan menengah pada semua tingkatan administrasi pemerintah, untuk menjabarkan lebih lanjut terhadap program prioritas Nasional secara bersinergi, dalam meningkatkan kwalitas sumber daya manusia di Kalimantan Tengah.

“Saya menyadari bahwa peran rapat kerja teknis bidang perpustakaan sekolah satuan pendidikan menengah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia di Kalimantan Tengah,” lugasnya.

Oleh karena itu Pemerintah berkomitmen memberikan dukungan baik berupa kebijakan maupun dukungan anggaran yang memadai secara bertahap sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

“Pada bidang perpustakaan sekolah satuan pendidikan menengah kita harus terus berupaya semaksimal mungkin dengan sumber daya yang kita miliki, mendidik dan mengajak masyarakat untuk gemar datang ke perpustakaan dan gemar membaca apalagi beberapa waktu yang lalu telah dikukuhkannya Bunda Literasi dan Duta Baca Provinsi Kalimantan Tengah. Sehingga bisa menjadi mitra dalam mengkampanyekan pembudayaan gemar membaca di Provinsi Kalimantan Tengah dan juga telah dicanangkannya gerakan kalteng membaca,” jelas Luqman.

Ia juga berharap agar dicari terobosan dan inovasi baru sesuai dengan karakter masyarakat Kalimantan Tengah, bekerjasama dengan para pemangku kepentingan dan para pegiat, komunitas, kelompok dan organisasi masyarakat bersama-sama majukan Kalimantan Tengah. (Hardi).