BMKG Imbau Masyarakat Barsel Harus Waspada Potensi Cuaca Ekstrem

DEDDY/BERITA SAMPIT - Kepala BMKG Kabupaten Barsel Nur Setiawan.

BUNTOK – Dalam 11 hari terakhir hujan sering terjadi di Kabupaten Barito Selatan (Barsel), namun data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat menunjukan masih dalam kategori sedang dan sifatnya pada kategori menengah yakni 100 hingga 150 mm.

“Begitu juga dengan peta analisis, curah hujan bulan Oktober dasarian I tahun 2022 di wilayah Provinsi Kalteng secara umum berada pada kategori menengah dengan curah hujan berkisar 50 mm hingga 150 mm per dasarian,” ungkap Kepala BMKG Barsel Nur Setiawan saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 12 Oktober 2022.

Sedangkan sebagian wilayah di Kabupaten Barito Utara bagian barat, sebagian kecil Kabupaten Murung Raya bagian timur sebagian kecil Kabupaten Kapuas bagian utara pada kriteria rendah dengan curah hujan berkisar 10 hingga 50 mm per dasarian.

Sementara itu, sebagian wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur, Seruyan, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara sebagian kecil Kabupaten Katingan bagian utara dan barat serta sebagian kecil Kabupaten Gunung Mas bagian utara, berada pada kriteria tinggi, hingga sangat tinggi dengan curah hujan berkisar 150 hingga 300 mm atau lebih per dasarian.

Kata Nur Setiawan, hasil analisis dinamika atmosfer di wilayah Kabupaten Barsel terkini menunjukan adanya pola belokan angin serta perlambatan kecepatan angin yang dapat meningkatkan aktivitas konvektif dan pertumbuhan awan yang semakin intens. Sehingga berpotensi mengakibatkan cuaca ekstrem seperti hujan lebat, angin kencang dan puting beliung.

Oleh karena itu, Dia imbau kepada masyarakat Barsel dan pihak-pihak terkait untuk melakukan persiapan seperti memastikan infrastruktur, menata lingkungan serta pemangkasan dahan dan ranting pohon yang rapuh.

“Tidak kalah pentingnya juga, untuk selalu waspada terhadap dampak bencana hidrometeorologi,” ucap Nur Setiawan. (ded).