36 Mantir Adat se-Kecamatan Mentawa Baru Ketapang di Kukuhkan

ILHAM/BERITA SAMPIT - Pengukuhan mantir adat se-Kecamatan MB Ketapang, yang dilakukan langsung Bupati Kotim Halikinnor. Jumat 14 Oktober 2022.

SAMPIT – Sebanyak 36 Mantir Adat se-Kecamatan Mentawa Baru Ketapang dikukuhkan langsung oleh Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, bertempat halaman Kantor Kecamatan setempat, Jumat 14 Oktober 2022, sore.

“Mantir tersebut terdiri dari tiga orang dari 11 Desa Kelurahan jadi totalnya 33 orang, ditambah dari Kecamatan sebanyak tiga orang, jadi jumlah mantir mencapai 36 orang,” terang Camat MB Ketapang Eddy Hidayat,

Dari 36 mantir ada perwakilan empat orang wanita, kemudiaan ada dua orang yang telah meninggal dan sudah dilakukan proses pergantian.

“Mereka sangat semangat sekali, bahkan karena semangatnya mereka melakukan iuran sumbangan untuk melaksanakan kegiatan ini, demikian juga baju mereka seragam, bahkan rencananya lawungnya juga seragam dan sudah dipesan, tapi karena kemarin mati listrik tukang jahitnya tak sanggup membuatnya, jadi paksa menggunakan lawung yang ada,” terang Eddy.

Sementara itu, Bupati Kotim Halikinnor menyampaikan ucapan selamat kepada para mantir yang telah dikukuhkan. Momentum ini akan menambah semangat baru dalam upaya menjaga dan melestarikan budaya adat di Bumi Habaring Hurung ini.

“Saya mengharapkan kepada mantir yang telah dilantik dapat bekerja berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku, dapat mengemban amanah dan mampu mendorong penegakan hukum adat dayak, menyelesaikan perselisihan dan pelanggaran adat secara damai,” kata Halikin.

Ditambahkan, peran mantir adat dayak sangat penting untuk memperkokoh jati diri dan akar budaya bangsa dalam menunjang pemerintah melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Bagi para mantir agar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selalu berkoordinasi dengan Pemerintah Desa atau Pemerintah Kelurahan serta lembaga lainnya sesuai dengan hierarki atau organisasi dengan tingkat wewenang dari yang paling bawah sampai yang paling atas,” pungkasnya.

(ilm)