Utamakan Kesehatan, Pemkab Seruyan Tambah 4.000 Jiwa Peserta PBI APBD

IST/BERITASAMPIT - Kepala BPJS Kesehatan cabang Sampit, Budi Sukwara saat berbincang dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan, Djainuddin Noor.

SERUYAN – Untuk memberikan perlindungan secara menyuluruh kepada seluruh masyarakat, Pemerintah Kabupaten Seruyan akan mendaftarkan 4.000 jiwa masyarakat kurang mampu menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBD.

Sekretaris Daerah Kabupaten Seruyan, Djainuddin Noor menyampaikan bahwa pihaknya sangat berkomitmen terhadap kesehatan seluruh masyarakat di Kabupaten Seruyan. Oleh karenanya program kesehatan melalui program JKN menjadi prioritas tersendiri, apalagi Pemerintah Kabupaten Seruyan telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan JKN dengan lebih dari 95 persen penduduk.

Dengan demikian, Pemerintah Kabupaten Seruyan akan terus mempertahankan dan menambah kepesertaan JKN sehingga masyarakat di Kabupaten Seruyan bisa terjamin dan bisa mengakses pelayanan kesehatan melalui Program JKN.

“Dalam optimalisasi Program JKN Pemda Seruyan akan menambah 4.000 Jiwa kepesertaan program JKN PBI APBD bagi warga yang kurang mampu untuk dapat mengakses layanan Kesehatan, hal ini juga merupakan Komitmen dari Bupati Seruyan terkait dengan pelayanan Kesehatan,’’ ungkap Djainuddin dalam kegiatan FGD Penambahan dan Validasi Data Peserta JKN, Jumat 14 Oktober 2022.

Dalam proses pendaftaran tersebut, Djainuddin menjelaskan pihaknya akan melakukan penambahan secara bertahap pada bulan Oktober sebanyak 2.000 jiwa dan sisanya akan dilakukan sampai dengan akhir tahun 2022. Nantinya, data tersebut akan divalidasi oleh Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk mendapatkan data yang sesuai dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Budi Sukwara mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Seruyan atas ditambahnya kuota PBI APBD Kabupaten Seruyan pada Tahun 2022, dimana pihak Pemerintah Daerah sangat memperioritaskan Kesehatan untuk Masyarakat.

“Kita sangat menyambut baik atas komitmen pemerintah daerah, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Wakil Bupati, DPRD serta SOPD yang ada di Kabupaten Seruyan karena telah bahu membahu berusaha mewujudkan pelayanan Kesehatan dan kami juga akan terus meningkatkan mutu dan kualitas layanan kesehatan agar peserta JKN mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik tentunya,” sampai Budi Sukwara. (im)