Warga Pakistan Terdampak Banjir Bandang Dirawat Tim Medis Indonesia

ANTARA/BERITA SAMPIT - Tim Medis Indonesia merawat warga Pakistan terdampak banjir bandang yang memerlukan penanganan kesehatan di pos kesehatan statis, Jhuddo City, Pakistan, Rabu (13/10/2022).

JAKARTA – Tim Medis Indonesia merawat mayoritas warga Pakistan terdampak banjir bandang yang terjangkit penyakit dermatitis dan febris.

Dalam keterangan diterima di Jakarta, Jumat 14 Oktober 2022, Direktur Fasilitasi Penanganan Korban dan Pengungsi BNPB Yusrizal mengatakan terdapat peningkatan jumlah warga yang ingin berobat pada Rabu (12/10) yang merupakan hari kedua pelayanan medis.

“Total jumlah pasien berobat pada hari kedua berjumlah 452 orang,” ujar Yusrizal.

Total pasien yang tercatat selama hari kedua berjumlah 452 warga. Dari jumlah tersebut, sebanyak 329 warga dari pos pengungsian Jhuddo City dan sisanya, mereka tersebar dalam kelompok kecil di Katmir Jan Muhammad.

Hari kedua, Tim Medis Indonesia terbagi ke dalam dua tim, yaitu tim pelayanan medis statis. Pelayanan ini berada pada pos kesehatan yang berada di satu kawasan pengungsian Jhuddo City dengan populasi warga terdampak dalam jumlah besar.

Sedangkan tim lainnya, mereka bergerak untuk mengunjungi warga di pos-pos pengungsian di Katmir Jan Muhammad.

BACA JUGA:   MK Perpanjang Masa Jabatan Kepala Daerah Hasil Pilkada 2020

Dari kasus yang ditangani, Yusrizal mengatakan tercatat 85 kasus dermatitis dan angka yang sama untuk febris.

Dermatitis merupakan istilah medis untuk peradangan kulit. Kondisi tersebut sering dialami warga pascabanjir. Selain dermatitis, febris atau demam juga banyak ditemui saat pelayanan kesehatan yang berlangsung di Tehsil Taluka Jhuddo dan Katmir Jan Muhammad, Distrik Mirpur Khas, Provinsi Sindh.

“Di samping itu, kasus demam atau febris juga banyak ditemui, dengan masing-masing 85 kasus,” ujar dia.

Penyakit lainnya yang banyak dialami warga seperti ISPA 80 kasus, dyspepsia 54, myakgia 44, cephalgia 20, hipertensi 12, konjungtivitis 12 dan diabetes mellitus 8.

Tim Medis Indonesia masih terbagi ke dalam dua tim, yaitu layanan tetap dan keliling. Selama pelayanan, tim dibantu tenaga medis dari Dinas Kesehatan Distrik Mirpur Khas.

Secara khusus, otoritas keamanan dari militer dan polisi turut menjaga para personel medis Indonesia.

BACA JUGA:   Diduga Program Bodong Rice Cooker Gratis Kementerian ESDM, Komisi VII DPR: Harus Diaudit BPK RI

“Selama aktivitas lapangan maupun berada di penginapan, kami mendapatkan pengawalan ketat dari polisi lokal dan pihak militer,” jelas Yusrizal.

Jumlah kunjungan kumulatif dari 11 hingga 12 Oktober 2022, tercatat 705 penyintas berobat ke tenda pelayanan yang dikelola Tim Medis Indonesia.
Selain warga yang ingin berobat, tim dokter juga melakukan pemeriksaan untuk ibu hamil.

“Kunjungan ibu hamil hari Rabu (12/10) sebanyak 26 orang atau 5,8 persen,” kata Yusrizal.

Personel dari tim medis juga memberikan pemahaman hidup sehat, khususnya selama berada di pengungsian. Ini menjadi edukasi kesehatan masyarakat bagian dari rantai manajemen pos pengungsian.

Tim Medis Indonesia akan berada di Distrik Mirpur Khas selama dua pekan dan selanjutnya memberikan pelayanan kesehatan di distrik lainnya, yaitu Malir. Kedua distrik ini masih berada di wilayah Provinsi Sindh. (Antara).