Kalteng Promosikan Produk Unggulan Daerah pada Pameran Nasional

Dokumentasi - Stan Kalteng dalam MTQ Nasional Kalsel Expo 2022 di Alun-alun Ratu Jalecha, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, (12/10). (ANTARA/Ho-Pemprov Kalteng)

PALANGKA RAYA – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah berpartisipasi dalam pameran skala nasional yang digelar di Kalimantan Selatan, untuk mempromosikan berbagai produk unggulan daerah baik yang dihasilkan IKM maupun UMKM.

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, melalui Ketua Harian Aster Bonawaty saat dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu 15 Oktober 2022, mengatakan, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional Kalsel Expo 2022 menjadi sarana strategis untuk memperluas jangkauan pasar produk unggulan daerah.

“Berbagai produk unggulan daerah Kalteng yang ditampilkan dan dipromosikan, di antaranya kopi khas Kalteng, tas kombinasi anyaman, hingga benang bintik serta lainnya,” kata Aster yang juga menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng.

Aster mengatakan, melalui keikutsertaan dalam pameran ini, pihaknya ingin membantu mengoptimalkan pemasaran produk-produk unggulan binaan, sekaligus memberi ruang yang dibutuhkan para pelaku industri kerajinan di Kalteng.

BACA JUGA:   Pentingnya Kesadaran Berbangsa dan Bernegara, Herson B. Aden: Pedoman untuk Hidup Bermasyarakat

Apalagi pameran yang diselenggarakan merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari MTQ Nasional, yang mana masyarakat dari berbagai penjuru Nusantara datang dan berkumpul, sehingga membuka kesempatan produk-produk daerah semakin dikenal secara luas.

“Kami ingin pelaku IKM di Kalteng semakin bersemangat, meningkatkan kualitas serta mengembangkan produk-produknya, sehingga mereka pun kian kreatif dan inovatif,” tegasnya.

Tak hanya membawa produk-produk unggulan saja, tetapi Dekranasda maupun Disdagperin Kalteng juga memboyong pelaku usahanya langsung untuk terlibat dalam Kalsel Expo tersebut.

Salah satunya adalah Raya Sadianor, pemilik dari Indukuh Coffee, yang  mengaku sangat senang karena diberi kesempatan oleh jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengikuti pameran yang berpusat di Alun-alun Ratu Jalecha, Kota Martapura, Kabupaten Banjar, hingga 16 Oktober 2022 tersebut.

BACA JUGA:   Dishut Kalteng Peringati Hari Bakti Rimbawan ke-41: Peran Rimbawan dalam Pemanfaatan SDA, Bersatu dalam Merawat Lingkungan

“Ini menjadi kesempatan yang sangat baik, untuk mempromosikan produk, apalagi di sini masyarakat dari berbagai daerah datang dan berkumpul. Selain itu, ini juga kesempatan bagi kami menambah relasi baru guna memperluas bisnis yang kami jalankan,” ucapnya.

Sementara itu, antusiasme pengunjung di stan Kalteng cukup bagus. Selain menampilkan produk unggulan daerah, juga diramaikan Bawi Nyai Favorit Kalteng 2022 dan Putera Kebudayaan Nusantara Kalteng.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo juga telah  berkunjung saat pembukaan expo beberapa hari lalu.

(ANTARA)