MTSN 1 Kotim Selalu Akomodir Minat dan Talenta Siswa

IST/ BERITA SAMPIT- Tim Drumban MTSN 1 Sampit Saat latihan.

SAMPIT – Rangkaian kegiatan ekstrakurikuler mulai rutin dilaksanakan saat ini di MTSN 1 Kotawaringin Timur (Kotim) karena sebelumnya sempat terhenti akibat pandemi Covid-19.

“Namun ada yang aktif saat itu seperti pramuka dan drumband secara online berupa video dan offline dengan peserta terbatas,” kata Kepala MTSN 1 Kotim melalui Kepala Tata Usaha Imus Noryady, Jumat 14 Oktober 2022.

Imus menuturkan setelah dibolehkan sekolah tatap muka maka kegiatan ekskul dikembalikan aktif seperti semula. Sekolah senantiasa mengakomodir kegiatan yang bersifat positif untuk kemajuan siswa mengasah minat dan talenta mereka.

Beberapa kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa seperti ekskul Pramuka yang wajib diikuti semua siswa, bergantian setiap Sabtu kelas VII, Sabtu depan kelas VIII dan selanjutnya IX.

BACA JUGA:   Kurang dari Sepekan, Peristiwa Pencurian Helm Terekam Kamera CCTV 

Sedangkan ekskul lainnya diikuti sesuai minat dan bakat siswa saja. Dilaksanakan biasa dua kali dalam seminggu, ada beberapa ekskul yang dilaksanakan bersamaan, namun tetap memperhatikan agar kedua ekskul tersebut tidak saling mengganggu.

“Mengaji dan drumband atau seni musik tidak bisa berbarengan karena akan saling mengganggu nantinya saat latihan,” ujarnya.

Siswa MTSN 1 Kotim juga berhasil juara Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten. Bidang IPA dan IPS, dengan rutin dilaksanakan bimbingan oleh guru mata pelajaran yang dilombakan. Biasanya Satu minggu sebelum menjelang lomba dilaksakan bimbingan secara intens.

BACA JUGA:   PPLIPI Kotim Berbagi Takjil di Nur Mentaya Sampit

Kegiatan lainnya antara lain Drumband yang paling banyak diminati, PMR, Karya Ilmiah Remaja, Karate, Silat, Bengkel Sastra, Ikon MTSN 1 Kotim Seni Tari. Juga ada sanggar seninya, Hadrah atau rebana. Habsi putra dan putri. Tahfiz dan tilawah.

“MTSN 1 Kotim juga ada rencana kedepannya mengadakan ekskul lain yaitu basket, voli, futsal,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan rangkaian ekskul menginginkan bakat siswa bisa terasah dan bisa mengikuti lomba-lomba hingga mendapat prestasi juara untuk mengharumkan nama MTSN 1 Kotim. (Nardi).