Satgas TMMD Reguler Ke-115 Belajar Memainkan Gamelan Tradisional Dayak

IST/BERITA SAMPIT - Anggota Satgas TMMD Reguler ke-115, belajar memainkan gamelan tradisional Dayak.

PALANGKA RAYA – Bati Bakti TNI Kodim 1016 Palangka Raya Pelda Sugeng yang juga merupakan anggota Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-115, belajar memainkan gamelan tradisional Dayak, yang dimana alat musik tersebut mirip dengan gamelan Jawa.

Ia juga menyampaikan, gamelan tradisional dayak tersebut dimiliki oleh komunitas anak-anak pinggiran sungai rungan rumah Baca Ransel Buku, Kelurahan Petuk Katimpun.

BACA JUGA:   Flamboyan Bawah Palangka Raya Banjir, Warga Harapkan Bantuan dari Pemerintah

Ia menambahkan, gamelan tradisional Dayak ini merupakan seperangkat alat musik tradisional yang biasanya terdiri dari gong, kenong, gambang, celempung serta beberapa alat musik pendamping lainnya.

“Kami tertarik belajar musik tradisional ini, selain karena hobi, juga untuk menghilangkan kejenuhan, dan rasa kangen dengan keluarga, telah menyelimuti perasaan,” ucapnya, Minggu 16 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Nuryakin Berharap Kedepannya PMI Semakin Baik dan Berkontribusi Pada Program Kemanusiaan

Dengan dipandu oleh anak anak di bantaran sungai rungan tersebut, anggota Satgas sangat serius tapi santai, memperhatikan arahan-arahan tentang jenis dan cara memainkan alat musik tradisional berupa gamelan Dayak. (Hardi).