Dewan Panggil BKPP dan Dinas Pendidikan Katingan Bahas Nasib THL

KAWIT/BERITA SAMPIT - Anggota DPRD Katingan Toni Yosepta.

KASONGAN – Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Katingan Toni Yosepta mengatakan, pihaknya sudah melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama mitra kerja, seperti Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) dan Dinas Pendidikan setempat terkait pemetaan tenaga harian lepas (THL).

“Hasil RDP ini menyangkut pemetaan para pegawai THL yang ada di Lingkup Pemda Katingan,” ujarnya, Senin 17 Oktober 2022

Menurutnya, pihaknya hanya menggali keterangan lebih lanjut dari mitra kerja. Hasil RDP ini nantinya akan memberikan catatan penting terutama dalam rekrutmen PPPK bagi pemerintah.

BACA JUGA:   Dewan Harapkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama di Katingan Tetap Terjaga dengan Baik

“Garis besarnya, mitra kerja melakukan pemetaan jumlah komposisi THL yang ada di Katingan dengan menyeluruh. Sehingga, data ini akan digunakan sebagai pertimbangan pemerintah daerah nantinya,” bebernya.

Disinggung mengenai langkah apa saja yang akan dilakukan dalam mengatasi kebutuhan tenaga kerja yang sebenarnya masih diperlukan pemerintah daerah seperti THL. Ia menuturkan pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi.

“Terkait komposisi pemetaan THL ini memang belum berkaitan dengan proses seleksi CPNS maupun PPPk nantinya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

Politisi dari Partai Golkar ini menyebutkan, pemetaan yang dilaksanakan pemerintah daerah ini berasal dari petunjuk teknis pemerintah pusat. Alasannya, hasil pemetaan ini akan digunakan dalam database. “Pemetaan ini dimasukkan ke dalam database sehingga dapat menentukan keputusan program pemerintah pusat dan daerah di masa mendatang,” jelasnya.

Dengan demikian, perlu ditekankan disini jangan sampai menganggap dan menilai ini sebuah intervensi dalam THL agar bisa menjadi PPPK dan persoalan CPNS. Sebab, itu menjadi kewenangan pemerintah pusat.

(Kawit)