Sekda Ikuti Rakor Penanganan Banjir di Provinsi Kalteng

IST/BERITA SAMPIT - Sekda Seruyan Djainuddin Noor mengikuti Rapat Koordinasi Penangan Banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin, 17 Oktober 2022.

KUALA PEMBUANG – Bertempat di Pendopo Rimah Jabatan Bupati Seruyan, Sekretaris Daerah (Sekda) Djainuddin Noor mengikuti Rapat Koordinasi Penangan Banjir di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Senin, 17 Oktober 2022.

Rakor diselenggarakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng ini dilaksanakan secara hybrid, yang diikuti oleh bupati/wali kota se-Kalteng yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo.

Wagub mengatakan bahwa saat ini ada sembilan kabupaten/kota di Kalteng yang terdampak bencana banjir, diantaranya yaitu,l Kabupaten Lamandau, Sukamara, Kotawaringin Barat, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Palangka Raya, Pulang Pisau, dan Barito Utara.

BACA JUGA:   Pemkab Seruyan Gelar Kajian Ramadan di Sekretariat Daerah

Dalam arahan Gubernur yang dibacakan oleh Wabup meminta agar setiap daerah mengutamakan keselamatan masyarakat, lakukan evakuasi jika dibutuhkan.

“Kemudian pastikan tempat pengungsian baik mandiri maupun yang terpusat layak dan nyaman untuk pengungsi, memperhatikan kebutuhan dasar pengungsi,” pesannya.

Selain itu, dia juga meminta kepada pemerintah kabupaten atau kota agar tidak ragu menyalurkan bantuan untuk masyarakat, yang penting jelas pertanggungjawabannya.

BACA JUGA:   Pj Bupati Seruyan Terima Sertifikat Bebas Frambusia dari Kemenkes

“Selanjutnya memperhatikan peringatan dini BMKG, sampaikan perkembangan potensi banjir kepada seluruh masyarakat dan segera lakukan penetapan status kedaruratan untuk mengoptimalkan penanganan banjir di setiap kabupate atau kota,” pungkasnya.