Wabup Sukamara Minta Pengusaha Bantu Warga Terdampak Banjir

Banjir : ENN/BERITA SAMPIT - Banjir yang melanda di Kabupaten Sukamara menerjang beberapa beda diwilayah tersebut.

SUKAMARA – Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi mengajak seluruh lapisan masyarakat terutama kalangan dunia usaha untuk ikut peduli terhadap warga korban banjir yang melanda sebagian wilayah di Bumi Gawi Barinjam.

Kepedulian terhadap menurut Ahamdi dapat diimplementasikan dengan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan masyarakat korban banjir.

“Kita selama ini sudah bergerak baik pemerintah bersama TNI, Polri dan pihak lainnya dalam upaya antisipasi dan penanggulangan musibah banjir diwilayah ini,” ujar Ahmadi, Senin 17 Oktober 2022.

“Kami mengimbau kalangan dunia usaha karena ini saatnya untuk berbagi kepada saudara-saudara kita yang terkena musibah banjir,” ujar Ahmadi.

Ahmadi menerangkan jika sebagian besar masyarakat korban banjir merupakan warga dibantaran sungai, mereka juga enggan meninggalkan rumah mereka dan masih tetap bertahan meski sebagian rumah sudah terendam akibat debit sungai yang terus meningkat.

Pemerintah daerah Kabupaten Sukamara juga telah menyiapkan tenda pengungsian bagi warga korban banjir, namun hingga saat ini belum ada warga yang mengungsi.

Warga terdampak banjir lebih memilih tetap bertahan di rumah masing-masing dengan membuat panggung didalam rumah yang digunakan untuk meletakkan perabotan rumah tangga dan aktifitas lainnya.

“Jadi tempat evakuasi sudah kita siapkan baik di Kelurahan Padang dan Kelurahan Mendawai, juga di Desa Pangkalan Muntai pihak desa sudah menyiapkan pos evakuasi bagi warga,” terang Ahmadi.

Pemerintah Kabupaten Sukamara telah menggelar rapat koordinasi terkait penanggulangan bencana banjir bersama dengan Satgas Penanggulangan Bencana yang akan mengambil langkah-langkah terutama perlindungan, pengamanan serta penanganan sosial melalui mempersiapkan dan penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terdampak banjir.

“Dengan kondisi ini mari kita semua juga para dermawan, dunia usaha saatnya bergandengan tangan untuk membantu mereka para warga terdampak banjir,” tukas Ahmadi. (enn)