KPU Kotim Verifikasi Keanggotaan Parpol di 17 Kecamatan

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Kotim, Siti Fathonah.

SAMPIT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan verifikasi keanggotaan partai politik (parpol) ke 17 kecamatan untuk memastikan dokumen baik KTP, KK dan KTP yang ada di Sipol.

Ketua KPU Kotim, Siti Fatonah menjelaskan, verifikasi keanggotaan terhadap parpol dilakukan dengan sistem sampling guna memastikan bahwa yang bersangkutan benar-benar anggota parpol sesuai dengan yang diunggah dalam Sipol.

“Petugas mendatangi anggota parpol sesuai alamat dalam sipol yang merupakan hasil sampling yang dilakukan oleh Kpu RI,” kata Siti Fathonah, Selasa 18 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Hukuman Berat Menanti Begal Residivis Bersajam

Hari ini petugas KPU sudah tersebar di 17 kecamatan untuk melakukan verifikasi keanggotaan parpol dengan beberapa tim untuk mencocokan data keanggotaan sesuai dengan Sipol.

“Hari ini verifikasi keanggotaan, kami bagi enam tim. Tim 1. Parenggean, Tualan Hulu, Antang kalang, Telaga Antang, tim 2 Mentaya Hulu, Bukit Santuai, Telawang, tim 3 Cempaga Hulu, Cempaga, Kota Besi, tim 4 Baamang, Seranau, tim 5 M Ketapang, tim 6. Mentawa Hulu, Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit, Pulau Hanaut,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa KPU Kotim memiliki waktu hingga 4 November 2022 untuk melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol peserta Pemilu 2024.

BACA JUGA:   Korban Bunuh Diri di Desa Pelantaran Telah Dimakamkan, Suami Histeris

Lanjutnya verifikasi faktual yang dilakukan KPU Kotim, yakni struktur kepengurusan dan keanggotaan parpol di daerah telah selesai dilakukan kemarin.

“Verifikasi kepengurusan parpol terkait dengan ketua, sekretaris, dan bendahara dalam parpol sudah selesai semua kemarin 9 parpol,” pungkasnya.

Sembilan parpol yang telah diverifikasi faktual, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Garuda, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Ummat, Partai Buruh, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). (Ibra).