BPJN Kalteng Lakukan Penanganan Jangka Pendek terkait Jalan Penghubung Palangka Raya-Kuala Kurun yang Longsor

Hardi/BERITA SAMPIT - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Tengah Shalahuddin mengatakan, pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional sudah mulai melakukan penanganan jangka pendek, agar jalan penghubung antara Kota Palangka Raya-Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, dapat kembali berfungsi. Hal ini ia sampaikan saat diwawancara oleh awak media di Mako Polda Kalteng, Rabu 19 Oktober 2022.

“Selain melakukan penanganan jangka pendek, Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Tengah juga bakal melakukan upaya penanganan jangka panjang, dengan membuat dinding penahan agar tidak terjadi longsor kembali,” ucapnya.

Sampai saat ini pihaknya juga masih terus melakukan koordinasi dengan pihak Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Tengah, agar fungsional jalan Palangka Raya-Kuala Kurun cepat kembali normal.

Hardi/BERITA SAMPIT – Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah, Yulindra Dedy

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kalimantan Tengah, Yulindra Dedy mengatakan, untuk saat ini jalur jalan Palangka Raya-Kuala Kurun dilakukan penutupan sementara. Para pengendara yang melintas diarahkan untuk melalui jalur kapal penyeberangan hingga proses penanganan selesai.

“Memang tadi malam antrian panjang kendaraan yang melewati jalur tersebut, namun sekali lagi untuk kendaraan ingin melalui jalur itu, saat ini bisa menggunakan kapal fery penyebrangan, dan untuk kapasitas kendaraan tidak melebihi kapal,” lugasnya.

Saat ini di ruas jalan Palangka Raya-Kuala Kurun sedang dilakukan penanganan darurat, dengan cara dilakukan penimbunan jalan yang longsor dan sebagian retakan dengan timbunan tanah. (Hardi)