Anggota DPR Dirikan Dapur Umum untuk Korban Banjir di Kalteng

Ilustrasi - Agustiar Sabran menyerahkan paket sembako murah kepada warga di Kabupaten Kapuas secara simbolis dalam kegiatan pasar penyeimbang yang paketan sembako tersebut juga disubsidi oleh yang bersangkutan. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

PALANGKA RAYA – Anggota DPR RI daerah pemilihan Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustiar Sabran bersama organisasi masyarakat (ormas) serta organisasi kepemudaan (OKP) mendirikan dapur umum di sejumlah kabupaten/kota untuk membantu warga yang terdampak banjir.

“Untuk dapur umum yang didirikan tersebut berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan Kabupaten Seruyan,” katanya di Palangka Raya, Kamis 20 Oktober 2022.

Untuk ormas dan OKP yang terlibat bahu membahu mendirikan dapur umum di sejumlah kabupaten tersebut yakni Dewan Adat Dayak (DAD), Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Musibah banjir yang terjadi di beberapa kabupaten di provinsi setempat juga menjadi keprihatinan bersama. Karena sebagai wakil rakyat yang diamanahkan di DPR RI, dirinya merasa terpanggil untuk membantu warganya yang terdampak banjir, apalagi dalam kondisi yang serba sangat sulit ekonomi sekarang.

BACA JUGA:   Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Kecubung Darurrahman Kota Palangka Raya

“Kita juga dibantu oleh teman-teman DAD, Batamad dan KNPI di beberapa daerah sehingga pendirian dapur umum dapat terlaksana dengan baik,” kata Agustiar Sabran yang juga menjabat sebagai Ketua DAD Kalteng itu.

Kakak kandung dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu menegaskan, selain tiga daerah tersebut yang sudah didirikan dapur umum. Dalam waktu dekat juga ia bersama ormas lainnya juga akan mendirikan hal serupa untuk daerah yang wilayahnya juga terendam banjir.

“Semoga persoalan yang dihadapi masyarakat sekarang ini di sejumlah daerah, segera berakhir sehingga aktivitas masyarakat bisa kembali normal,” ucapnya

BACA JUGA:   Pejabat Daerah Kalteng Hadiri Rapat Koordinasi bersama Mendagri

Koordinator dapur umum yang dibangun Agustiar Sabran wilayah Kotawaringin Timur dan Seruyan, Ferry Khaidir mengungkapkan sejauh ini persiapan sudah 95 persen dan tim sudah di lokasi dapur umum.

“Di Kotawaringin Timur kita mendirikan dua posko, yakni di Kecamatan Parenggean dan Mentaya Hulu. Begitu juga di Kabupaten Seruyan, tim semua sudah siap. Relawan yang ada di posko terdiri dari relawan, pengurus DAD, Batamad, dan KNPI,” kata Ferry.

Menurut Ferry yang juga anggota DPRD Kalteng itu, dapur umum yang diinisiasi oleh Agustiar Sabran merupakan kebutuhan di lokasi bencana.

“Dapur umum ini saya kira suatu hal yang sangat tepat untuk membantu warga yang menjadi korban banjir,” katanya.

(ANTARA)