BEM Teknik UPR Gelar Kuliah Umum, Bantu Tingkatkan SDM Fakultas

IST/BERITA SAMPIT - Suasana Kegiatan Kuliah Umum dalam rangka Dies Natalis Fakultas Teknik UPR, digedung Aula Rahan UPR, Selasa (18/10/2022).

PALANGKA RAYA – Bada Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (BEM FT UPR) menggelar Kuliah Umum dan sekaligus pembukaan dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya yang ke-22 Tahun.

Diketahui bahwa Kuliah Umum adalah kegiatan yang bertujuan menambah pengetahuan mahasiswa, dan sangat diperlukan untuk memberi ruang ekspansi atau pengembangan akademis.

Kegiatan ini mengangkat Tema “Peran Lulusan Sarjana Teknik Dalam Transformasi Pembangunan Berkelanjutan” diikuti oleh 162 orang mahasiswa dari empat jurusan di Fakultas Teknik (Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Arsitektur, Jurusan Teknik Informatika, dan Jurusan Teknik Pertambangan). Bertempat digedung Aula Rahan UPR, Selasa 18 Oktober 2022.

“Kuliah Umum ini digelar untuk memberikan pengetahuan kepada Mahasiswa Fakultas Teknik UPR tentang apa yang harus dipersiapkan sebelum terjun ke dunia kerja” kata Ketua Panitia Pelaksana Dies Natalis Fakultas Teknik UPR Putri Olivia.

Pemateri dalam kegiatan Kuliah Umum ini berasal dari praktisi diantaranya, Erlin Hardi, S.T (Kepala Dinas Perkimtan Prov. Kalteng), Olotua Sinaga, S.T., M.T (Ceo PT. Borneo Wira Perkasa), Quratul Ain, S.T (IT Instructor & Public Relation ELTIBIZ), Ar. Ristia Heranidewi, S.T., M.T., IAI (Ketua Ikatan Arsitek Indonesia Kalimantan Tengah), Drs. Nanang Sutrisno (GM Mitra Barito Group & Wakil Ketua FK-KTT Kalteng).

BACA JUGA:   Wagub Kalteng Tegaskan, Kolaborasi Jadi Penentu Keberhasilan Tambak Udang BERKAH Sukamara

Sementara itu Ketua BEM FT UPR David Benedictus Situmorang dalam sambutannya, mengatakan bahwa sebagai mahasiswa Teknik harus menjadi motor dalam pembangunan yang ada di Kalteng.

“Kita sebagai mahasiswa Fakultas Teknik UPR harus menjadi motor dalam pembangunan daerah Kalimantan Tengah, apalagi Kalimantan Tengah saat ini merupakan salah satu Provinsi penyangga Ibu kota Negara,” ucapnya.

Turut hadir juga Forum Komunikasi Alumni Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya (FKA FT-UPR) dalam kegiatan ini, Olotua Sinaga, S.T., M.T., selaku Sekretaris FKA FTUPR mengatakan “Kami dari forum alumni sangat berterima kasih kepada Fakultas Teknik yang telah melibatkan kami dalam kegiatan ini, harapannya ikatan ini terus terjalin dan juga ketika ada yudisium mahasiswa Fakultas Teknik UPR dapat memberikan data-data mahasiswa yang lulus agar dapat terjaring oleh kami FKA FTUPR,” ungkapnya

BACA JUGA:   Ketua TP PKK Kalteng Gelar Pengajian, Hadirkan Penceramah Ustaz Maulana

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UPR Prof. Dr. Ir. Salampak Dohong, MS dan dihadiri juga oleh Dekan Fakultas Teknik Ir. Waluyo Nuswantoro, M.T dan beberapa dosen Fakultas Teknik UPR.

“Kuliah Umum ini sangat diperlukan oleh mahasiswa Fakultas Teknik, apalagi kuliah umum ini di gelar terakhir pada tahun 2019, apresiasi bagi BEM FT UPR telah melaksanakan kegiatan Kuliah Umum ini,” ucap Dekan Fakultas Teknik UPR, Ir. Waluyo Nuswantoro, M.T. dalam sambutannya.

Dekan Teknik itu juga berharap mahasiswa dapat memperoleh wawasan dari para narasumber terkait ilmu yang disampaikan.

“Dan juga agar mahasiswa memperoleh wawasan yang luas dari para narasumber praktisi ini, terkait dengan hard skill ilmu keteknikan yang update dengan perkembangan ilmu dan teknologi serta kebutuhan industri sekarang ini, dan dapat mengasah soft skill yang diperlukan untuk dapat mengembangkan diri secara optimal dalam mengambil peran dan keterlibatan aktifnya pada pembangunan berkelanjutan,” pungkasnya

(rahul)