Bupati Gunung Mas Tinjau Lokasi Tanah Longsor

M.SLH/BERITA SAMPIT - Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong saat meninjau lokasi jalan longsor.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah, Jaya Samaya Monong meninjau lokasi tanah longsor, di ruas jalan nasional yang menghubungkan Kuala Kurun-Palangka Raya.

Dikatakannya, berdasarkan informasi dari petugas di lapangan, bagian longsor yang sudah ditimbun material kembali turun dan sedikit amblas. Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, petugas harus melebarkan jalan disisi yang lain dengan ditimbun.

“Hari ini saya turun langsung melihat lagi kondisi terbarunya, pasca longsor ini yang sudah ditangani dan ini harus dilempar lagi di sebelah kirinya. Jadi tidak bisa sebelah kanan saja, jadi sebelah kiri dan kanannya harus betul-betul dikerjakan,” terang Jaya Samaya Monong, Kamis 20 Oktober 2022.

BACA JUGA:   Istri Agustiar Sabran Beri Sinyal Ingin Maju di Pilkada Gunung Mas

Lebih lanjut dijelaskannya, dalam penanganan longsor tersebut, langsung ditangani oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di wilayah Kalteng.

“Saya sebagai Bupati Gumas mengucapkan terima kasih atas percepatan dalam penanganan jalan yang longsor ini, walupun ini sifatnya sementara dalam penanganan darurat. Nanti tahun depan akan dikerjakan lebih permanen dari BPJN di wilayah Kalimantan,” tuturnya.

Diungkapkannya bahwa, memang saat ini akses jalan sudah mulai dibuka. Kendaraan roda dua maupun empat, dan truk kecil sudah melewati jalan tersebut, namun dengan sistem buka tutup, dimana papan peringatan juga masih terpasang.

BACA JUGA:   Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pemerintahan

“Pertama kepada pengguna jalan agar berhati-hati yang kedua ikuti rambu-rambu atau petunjuk dari Dinas perhubungan maupun pihak PU dan juga dari pihak kepolisian dalam hal ini yang menangani lalu lintas,”ujarnya.

Orang-nomor satu lingkup pemerintah Kabupaten Gunung Mas inipun menghimbau kepada pengguna jalan, agar berhati-hati, karena masih ada beberapa alat berat yang digunakan untuk menimbun ruas jalan dengan material.

”Saya berpesan kepada pengguna jalan yang melintasi untuk berhati-hati dan patuhi instruksi petugas. Hal ini agar penanganan jalan berjalan lancar dan menjamin keamanan pengguna jalan yang melintas,” tutup Jaya Samaya Monong. (ale).