Sama-Sama Menjaga Kebersihan Tempat Wisata

ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat temu wicara bersama bersama Tenaga Ahli dan Pendamping Desa, di pendopo Wisata Bukit Batu Kasongan, Kamis 24 Februari 2022.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan mengharapkan kepada wisatawan atau pengunjung agar menjaga kebersihan objek wisata tersebut.

Seperti diketahu terdapat beberapa desa  memiliki potensi pariwisata berbasis masyarakat, budaya dan lingkungan yang paling menonjol. Selain peran Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), kesadaran masyrakat untuk menjaga tempat wisata sangat penting.

Dimana diketahui Desa Karuing terdapat Taman Nasional Sebangau dan Punggu Alas, Desa Jahanjang dengan keindahan Danau Bulatnya, Desa Talaga dengan tempat sakral Alun-alun Tarantang dan Desa Tumbang Samba dengan Danau Mare dan cagar budaya.

“Akan sia-sia usaha kita mempromosikan tempat wisata kalau kita tidak perhatikan dan jaga kebersihannya,” kata kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Katingan, Risnaduar melalui sekretarisnya Ramang. Senin 10 Oktober 2022.

Ia mengatakan, keindahan tempat wsiata harus menjadi tanggungjawab bersama, salah satu caranya tidak membuang sampah disembarang tempat.

Pemerintah provinsi terus melakukan penataan terhadap fasilitas pendukung objek wisata tersebut dengan membangun sarana yang dibutuhkan wisatawan. Dia berharap fasilitas taman maupun objek wisata.

“Agar sama-sama menjaga, dan tidak melakukan perusakan. Sehingga apa yang sudah dibangun oleh pemerintah bisa terpelihara dengan baik,” pungkasnya.

(Kawit)