Enam Kabupaten di Kaltim Berpotensi Hujan Disertai Petir

ANTARA/BERITA SAMPIT - Informasi prakiraan cuaca di Kabupaten Paser pada Minggu-Senin yang dirilis BMKG Balikpapan, Sabtu (22/10).

BALIKPAPAN – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprakirakan hujan disertai petir dan angin kencang dapat melanda enam kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur, pada Minggu-Senin (23-24/10), sehingga semua pihak diminta waspada terhadap dampak yang mungkin ditimbulkan.

“Peristiwa ini antara lain dapat menyebabkan banjir, sungai meluap, pohon tumbang, dan tanah longsor, sehingga kewaspadaan harus ditingkatkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi maupun kabupaten masing-masing, agar dapat dilakukan antisipasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Rincian dari enam kabupaten tersebut adalah Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, Mahakam Ulu, dan Kabupaten Paser, sedangkan empat kabupaten/kota lainnya diprakirakan cerah, berawan, hingga hujan ringan.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Berau pada Minggu pagi hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Batu Putih dan Biduk-Biduk, sementara kecamatan lainnya cerah, berawan, hujan ringan dan hujan sedang.

Minggu malam sekitar pukul 20.00, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Pulau Derawan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, dan Teluk Bayur.

Sedangkan pada Minggu sekitar pukul 23.00 hingga Senin sekitar pukul 05.00, hujan ringan ke sedang hampir terjadi pada semua kecamatan di Berau.

BACA JUGA:   Warga Kotim Merasa Gempa Bumi Dua Kali Dalam Sehari

Untuk Kabupaten Kutai Barat, pada Minggu sekitar pukul 17.00-20.00 wita, hujan lebat hingga hujan petir terjadi 12 kecamatan dari 17 kecamatan, 5 kecamatan lainnya berawan hingga hujan ringan, yakni Kecamatan Bongan, Muara Pahu, Jempang, Muara Lawa, dan Penyinggahan.

Pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita hingga Senin dini hari sampai pagi, hujan ringan berpotensi terjadi pada semua kecamatan di Kutai Barat.

“Untuk Kabupaten Paser pada Minggu sekitar pukul 23.00 hingga Senin dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Muara Samu, sedangkan kecamatan lainnya diprakirakan mengalami hujan ringan,” ucap Heni. (Antara).