Kafilah Katingan Siap Ikuti Semua Cabang Lomba Seni Qasidah Ke-IX Tingkat Provinsi Kalteng

ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, saat melepas secara resmi peserta kafilah DPD Lasqi Katingan.

KASONGAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Seni Qasidah Indonesia (Lasqi) Kabupaten Katingan secara resmi dilepas keberangkatannya 16 perwakilannya untuk mengikuti Festival Seni Qasidah ke-IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, di Kota Palangka Raya, yang dilaksanakan tanggal 26 -29 Oktober 2022.

Ke 16 orang kafilah asal Katingan yang terdiri dari peserta lomba, pembina, pelatih dan pendamping tersebut dilepas secara resmi oleh Bupati Katingan Sakariyas, di Sekretariat DPD Lasqi setempat, Senin 24 Oktober 2022. Turut hadir juga Ketua TP PKK Katingan Daurwati, Ketua DPD Kabupaten Katingan Endang Susilawati, sejumlah Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan, Ketua NU Katingan Almujahidin, Ketua FKUB Katingan Edi Rahmas Sosiawan, Tokoh agama serta tamu undangan yang hadir.

Bupati Katingan Sakariyas, menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan, memberikan penghargaan dan terima kasih, kepada DPD Lasqi Kabupaten Katingan yang telah mempersiapkan duta-duta kafilah Katingan untuk mengikuti festival Seni Qasidah ke-IV atau 9 tingkat Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Gelar Forum Konsultasi Publib RKPD

“Saya titip pesan kepada seluruh kafilah, gunakan kesempatan untuk meraih prestasi. Karena kalian telah terpilin sebagai peserta yang terbaik, untuk membawa nama Pemerintah Kabupaten Katingan. Teruslah berlatih dengan waktu yang ada, fokuskan jiwa dan raga menghadapi festival. Kita wajib berusaha, selanjutnya Tuhan penentu hasil segalanya,” jelas Bupati Sakariyas.

Ketua DPD Lasqi Kabupaten Katingan, Endang Susilawati, melaporkan Kafilah Kabupaten Katingan mengikuti semua dari sebanyak 10 cabang lomba pada Festival Seni Qasidah ke-IX yaitu bintang vocalis dewasa putra dan putri, bintang vocalis remaja putra dan putri dan bintang vocalis anak putra dan putri.

Kemudian, pop religi remaja putra dan putri, pop religi anak putra dan putri. Jumlah anggota kafilah yang diberangkatkan sebanyak 16 orang yang terdiri dari peserta lomba, pembina, pelatih dan pendamping.

BACA JUGA:   Pemkab Katingan Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Daerah Secara Daring

“Peserta Kafilah Kabupaten Katingan yang mengikut Festival Seni Qasidah ke-IX tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 ini adalah peserta yang sudah seleksi dan menjadi pemenang di tingkat Kabupaten Katingan beberapa waktu lalu. Seluruh peserta murni dari Kabupaten Katingan,” jelas Endang Susilawati.

Menurutnya, pada tahun 2021 DPD Lasqi Kabupaten Katingan mendapat sebanyak 7 juara dari 20 kategori cabang dan sampai ke tingkat Nasional. Dan untuk bokalis dewasa tahun sebelumnya hanya selisih kurang lebih 0,7 peserta dengan peserta lainnya, sehingga mendapat juara II tingkat Provinsi.

“Mudah-mudahan di tahun 2022 ini dengan pembinaan peserta kita kurang lebih 1 tahun ini dan dapat ikut bertanding lagi pada tingkat Provinsi hingga ke tingkar Nasional,” pungkasnya.

(annas)