Pertama Kalinya Salurkan Bantuan Alsintan Di Aula Kantor Bupati, Bambang Purwanto: Terimakasih Pak Penjabat Bupati Kobar

Man/BERITA SAMPIT : Inilah sejumlah alsintan dan 1 unit mobil pikc up dari aspirasi Bambang Purwanto Anggota DPR RI, yang disalurkan kepada puluhan kelompok tani  (Poktan) di Kobar.

PANGKALAN BUN – Anggota DPR Bambang Purwanto menyampaikan terimakasihnya kepada Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo karena baru pertama kalinya penyaluran bantuan alat mesin pertanian ( alsintan ) dilakukan di Aula Kantor Bupati.

Menurutnya, di Provinsi Kalteng baru ada dua Bupati termasuk Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo yang mengundang masyarakat petani menerima bantuan alsintan di aula kantor Bupati.

Hal tersebut disampaikan Bambang Purwanto, dihadapan Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo, Plt. Sekda, DPRD, Unsur Forkopimda, SOPD dan puluhan Ketua Kelompok Tani, pada acara penyerahan alsintan bantuan dari Bambang Purwanto atas aspirasi masyarakat tani Kabupaten Kobar, Senin 24 Oktober 2022.

“Terimakasih Bapak Pj.Bupati, kami telah diundang dan menyilahkan penyerahan bantuan alsintan untuk masyarakat petani diruangan ini. Dan saya pribadipun juga jadi merasa kangen keruangan aula ini,“ kata Bambang Purwanto yang mantan Wakil Bupati Kobar (2011-2015) dan Bupati Kobar (2015-2016), disambut tepuk tangan meriah .

Bambang juga menyampaikan, bahwa zaman yang terus berubah termasuk alat pertanian masyarakat tani.

“Saat ini serba menggunakan mesin sehingga para petani bisa bekerja dilahan pertaniannya dengan ekstra kerja semakin bertambah. Dulu, para petani mengolah pertanian pakai cangkul dan kerjanya tidak sampai full, paling-paling sampai jam tiga atau jam empat sore, kemudian pulang kerumah cape dan tidur pulas paginya. Paginya yang masih terasa pegal badan bekerja lagi dipertaniannya,“ ujar Bambang.

Tapi sekarang, lanjut Bambang semua alat pertanian sudah canggih menggunakan alat mesin. Petani pun bekerja di kebun atau di ladang waktunya bisa bertambah, misal di malam hari saat cuaca bagus petani bisa santai kerja diladangnya.

“Jadi harapan saya, kepada para ketua kelompok tani dan anggotanya giatlah bekerja, karena alat pertanian ini sudah canggih paling tidak tidak banyak mengursan tenaga. Sehingga hasil pertanian di Kabupaten Kobar semakin meningkat,“ ungkap Bambang.

Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo, dalam sambutannya sedikit menyinggung masih adanya Wakil Rakyat dari DPR RI, yang memberi bantuan kepada warga masyarakat dari Dapilnya, secara diam-diam bahkan konon cukup di airport (bandara).

“Saya paling suka kepada Anggota DPR RI, DPR Provinsi atau DPRD Kobar memberi bantuan kepada masyarakat dengan secara terbuka, dan pemkab pun akan menyambutnya dengan gembira,“ kata Anang Dirjo.

Kemudian Anang Dirjo juga menyinggung dalam hal memberi bantuan yang dilakukan Wakil Rakyat. Pemkab Kobar (dirinya) tidak memilah-milah yang diwanai bau politik.

“Mau merah, kuning, hijau, hitam atau biru boleh saja, yang pentingkan ada bantauannya, iya kan,“ kata Anang Dirjo yang disambut riuh tepuk tangan para Ketua Poktan dan hadirin lainnya.

Pj. Bupati Kobar juga mengucapkan terimakasih kepada Bambang Purwanto atas bantuan alsintannya untuk warga masyarakat Kobar dan mengajak setelah cuaca baik warga masyarakat petani kembali giat meningkatkan pertaniannya.

Adapun alsintan dari aspirasi masyarakat petani Kobar yang disalurkan Bmbang Purwanto, 1 unit mobil pick up, tracktor roda empat 3 unit, tracktor roda dua 6 unit, cultivator 4 unit, pompa air  tiga inchi 11 unit, pompa air empat inchi 4 unit dan elektrick handa spayer sebanyak 100 unit .

Usai acara penyerahan secara simbolid di Aula Kantor Bupati dilanjutkan penyerahan langsung alsintan kepada masing-masing ketua Poktan di halaman Kantor Dinas Pertanian Hortikulturan dan Perkebunan di Jalan P Dipenogoro Pangkalan Bun. (Man)