Program ESA Peluang Siswa Lanjut Pendidikan di Jerman

M.SLH/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing, pengurus dan anggota Yayasan ESA Sinergi Ausbildung (ESA), Pelaksana Tugas Kepala Disdikpora, Aprianto serta para siswa-siswi SMA/SMK saat foto bersama.

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) melaksanakan kegiatan sosialisasi program Ausbildung Deutschland. Kegiatan dilaksanakan di aula Damang Batu Kuala Kurun, Senin 24 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing, pengurus dan anggota dari Yayasan ESA Sinergi Ausbildung (ESA), Pelaksana Tugas Kepala Disdikpora, Aprianto serta para siswa-siswi SMA/SMK yang ada di Kota Kuala Kurun.

Pada kesempatan itu juga, pengurus dan anggota dari Yayasan Sinergi Ausbildung memberikan sosialisasi kepada para siswa/siswa yang ada di Gunung Mas terhadap berbagai program dan kegiatan yang dilakukan ESA.

BACA JUGA:   Wujudkan Gunung Mas Bebas Narkoba: Tugas Bersama Anak Muda dan Orang Tua

Pelaksana Tugas Kadisdikpora Kabupaten Gunung Mas, Aprianto mengungkapkan, bahwa program ini merupakan peluang bagi para siswa/siswi kalau ingin melanjutkan pendidikan ke Jerman melalui program kuliah sambil magang.

“Selain itu, program ini juga menjadi peluang bagi anak-anak di Gunung Mas untuk meningkatkan skill dan kemampuan melalui jalur pendidikan sekaligus bekerja,” terang Aprianto.

Untuk diketahui bahwa, Yayasan Esa Sinergi Ausbildung adalah sebuah program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman. Rumah Esa ini juga melayani Konsultasi bagi para pelajar yang ingin berkerja atau berkuliah di Jerman.

BACA JUGA:   Macan Gunung Mas Bukber Bersama Masyarakat

Siswa yang telah dilatih akan dikirim ke Jerman untuk magang, dalam arti kuliah sambil bekerja. Siswa kemudian dilatih lancar berbahasa Jerman serta keterampilan dasar di lembaga ini selama 9-12 bulan, sebelum akhirnya disalurkan ke Jerman selama tiga tahun.

Yayasan Esa Sinergi Ausbildung ini juga bekerja sama dengan perusahaan besar dan kampus ternama di Jerman. (Ale).