MES Kalteng Inisiasi Pelatihan Penyembelihan Unggas Secara Islami

IST/BERITA SAMPIT - Inisiasi pelatihan penyembelihan unggas secara Islami, MES Kalteng lakukan pertemuan pertama di Warung Sate Manunggal di kawasan kuliner Jalan Yos Sudarso, Kota Palangka Raya, Selasa 25 Oktober 2022.

PALANGKA RAYA – Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menginisiasi dilakukannya pelatihan penyembelihan unggas secara Islam di Kota Palangka Raya khususnya, dengan terlebih dahulu mengundang para pihak untuk turut mengatasi kondisi tersebut di masyarakat.

Pelatihan ini atas masukan berbagai elemen masyarakat terhadap kondisi proses penyembelihan unggas di Kota Palangka Raya yang perlu mendapatkan perhatian serius dari berbagai pihak, terutama berkaitan hak masyarakat untuk mendapatkan unggas untuk dikonsumsi yang telah melalui proses penyembelihan secara Islam serta edukasi secara langsung kepada petugas dan masyarakat yang melakukan proses penyembelihan unggas tersebut.

Pertemuan perdana  dilakukan di Warung Sate Manunggal yang ada di kawasan kuliner Jalan Yos Sudarso, Kota Palangka Raya, Selasa 25 Oktober 2022.

Hadir dalam pertemuan tersebut Ketua Umum MES Kalteng Fahrizal Fitri, mewakili MUI Kalteng Dr. Ir. H. Syamsuri Yusup, mewakili MUI Kota Palangka Raya Drs. H. Sofyan Sori, Dekan FEBI IAIN Palangka Raya Dr. H. M. Ali Sibram Malisi, Ketua Perhimpunan Perunggasan Rakyat Indonesia Palangka Raya Dr. Andi Bustan, Perwakilan pelaku usaha dan penyembelihan Faruq dan Hendry, Sekretaris MES Kalteng H. Heru Hidayat, Bendahara MES Kalteng Hj. Nurhayani, Anggota Departemen Literasi Edukasi SDM Wiwik Suprapti, Agus dan Sekretaris ll Dedy Irawan.

BACA JUGA:   Calon Gubernur Kalteng, Abdul Razak Pasang Kriteria Tinggi untuk Wakilnya, Siapa yang Cocok ?

Dalam pertemuan perdana tersebut masing-masing menyampaikan apresiasi dan harapannya agar bisa menjadi prioritas untuk dilaksanakan karena menjadi kebutuhan bagi para pihak dan juga masyarakat secara umum serta dengan terlebih dahulu dilakukan di Kota Palangka Raya.

Dari pertemuan tersebut dihasilkan kesepakatan sebagai berikut:

  1. Kegiatan pelatihan penyembelihan unggas secara Islam akan dilaksanakan, dan ditargetkan maksimal bulan November 2022.
  2. Karena ini menyangkut kebutuhan masyarakat, terutama umat Muslim di Palangka Raya khususnya dan Kalteng umumnya, maka MUI Kalteng bersedia untuk menjadi pelaksana kegiatan pelatihan tersebut dan tetap melibatkan MES Kalteng, Perhimpunan, FEBI IAIN Palangka Raya, Pemerintah Kota Palangka Raya, dan lainnya.
  3. Untuk teknis dan detail lanjutan akan dibahas pada pertemuan berikutnya, dengan rencana di Sekretariat MUI Kalteng.
BACA JUGA:   Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Audiensi dengan Sekda Kalteng

Harapan berikutnya, menurut Dr. Andi Bustam adalah setelah dilakukan pelatihan akan ada upaya Pemerintah untuk memfasilitasi rumah pemotongan ayam (RPA) di beberapa titik dengan perkiraan saat ini sekitar 18.000 ekor perharinya.

Kegiatan pertemuan dilanjutkan dengan sesi dokumentasi bersama dan akan dilakukan pertemuan berikutnya untuk merencanakan pelaksanaan pelatihan penyembelihan unggas secara Islam tersebut ungkap Dedy Irawan, SH selaku Sekretaris l MES Kalteng.

(BS65)