Kepala SMAN 1 Kurun Sambut Baik Program Yayasan ESA

M.SLH/BERITA SAMPIT - Kepala SMAN 1 Kurun, Batuah.

KUALA KURUN – Kepala SMAN 1 Kurun, Batuah menyambut baik kegiatan sosialisasi program Ausbildung Deutschland dari Yayasan Esa Sinergi Ausbildung (ESA), sebuah program pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja di Jerman.

“Saya melihat kegiatan sosialisasi kemarin dari Yayasan ESA ini sangat menarik, kalau saya tertarik, rumah ESA ini melayani konsultasi bagi para pelajar yang ingin berkerja atau berkuliah di Jerman,” jelas Batuah, Selasa 25 Oktober 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, jika ada peserta didik dari Gunung Mas yang tertarik untuk pengikut program tersebut, itu merupakan hal yang bagus.

BACA JUGA:   Keharmonisan Dalam Keberagaman Menjadi Faktor Penting Untuk Menjaga Persatuan Bangsa

“Sebab mencari kerja sekarang cukup sulit. Sedangkan terkait program tersebut peluang kerja sudah disiapkan, ada kerja sama antara Indonesia dengan Jerman,” tuturnya.

Diungkapkannya, program dari ESA tersebut merupakan peluang untuk generasi muda khususnya di Kabupaten Gunung Mas. Dimana kalau mengikuti program tersebut sudah mendapatkan peluang kerja dan mendapat uang saku.

“Saya berharap generasi muda khususnya yang ada di Kabupaten Gunung Mas bisa menangkap peluang yang ada dari apa yang telah dijelaskan oleh Yayasan ESA,” tutup Batuah.

BACA JUGA:   Tabrakan dengan Truk, Pengendara Motor di Gunung Mas Luka Parah dan Meninggal di TKP

Untuk diketahui bahwa, program Yayasan Esa Sinergi Ausbildung tersebut tidak menghasilkan kesarjanaan ataupun gelar sarjana, melainkan kompetensi internasional yang dikeluarkan sertifikasinya oleh pemerintahan Jerman.

Dimana yang paling menariknya adalah langsung berkerja dan siswa tidak lagi mengeluarkan biaya di sana, bahkan mereka juga diberikan uang saku, biaya kehidupan, asuransi maupun transportasi.

Sedangkan untuk lama menempuh pendidikan di Jerman sendiri minimal tiga tahun, bahkan ada yang kurang dari tiga tahun. (Antara).