PT Agrindo Sawit Mandiri Diduga Membuang Limbah ke Sungai

IST/BERITA SAMPIT - Kondisi salah satu kolam diduga menampung limbah yang alirkan ke sungai.

SAMPIT – Beredar video pembuangan air dari kolam pabrik yang diduga limbah dari pabrik Kelapa Sawit PT Agrindo Sawit Mandiri yang berada di jalan Sudirman Kilometer 108 Sampit-Pangkalan Bun. Pembuangan air berwarna kehijauan ini ke anak sungai sekitar pabrik pengolah kelapa sawit tersebut dikhawatirkan berdampak kepada lingkungan sekitar.

“Kalau saya melihat ini adalah limbah yang dibuang karena kolam penampungannya penuh ditambah hari hujan waktu malam hari, makanya malam itu juga tanggul kolam itu sepertinya dijebol,”ujar salah satu warga yang tidak mau disebutkan namanya.

Dari beberapa video tersebut memperlihatkan penjebolan tanggul yang berasal dari kolam dibelakang pabrik ini dilakukan malam hari menggunakan alat berat. Cuaca malam itu sedang hujan. Sehingga kolam tidak bisa menampung akibatnya dijebol salah satu tanggul dan dibuat parit lalu dialiri ke salah satu anak sungai disekitarnya.

“Baru saja itu kejadiannya 1-2 hari ini saja, makanya warga di sana khawatir kalau-kalau menyebabkan dampak kepada kesehatan dan ekosistem di sungai tempat pembuangannya,” kata dia.

Sementara itu Edi Ananta perwakilan PT Agrindo Sawit Mandiri membantah apa yang mereka buang dari kolam tersebut adalah limbah. “Itu bukan limbah pak, atau lebih mau jelas silakan kekantor dan ke lokasi,” kata Edi.

Edi menegaskan cairan mirip limbah yang ada di video tersebut sejatinya adalah air dari kolam antisipasi. “Itu dari kolam antisipasi bukan limbah. Itu tidak berbahaya karena kami ada pengecekan baku mutu airnya, dan kolam antisipasi ini adalah air hujan,” katanya. (Jmy).