Enam Sekolah di Kabupaten Katingan Raih Predikat Sekolah Adiwiyata

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan, Hap Baperdo (dua dari kanan) dan Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Irwan (kiri) bersama para kepala sekolah peraih Sekolah Adiwiyata Katingan 2022 di Kasongan, Sabtu (29/10/2022). (FOTO ANTARA/HO-Dinas Lingkungan Hidup)

KASONGAN – Enam sekolah di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata 2022 tingkat kabupaten setempat terkait integrasi pengelolaan pendidikan dengan pelestarian lingkungan.

“Adapun enam sekolah penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Katingan 2022 adalah SMPN 1 Katingan Hilir, SDN 4 Kasongan Lama, SDN 5 Kasongan Lama, SDN 3 Telangkah, SDN 1 Kasongan Baru dan SDN 3 Kasongan Baru,” kata Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH Katingan, Irwan di Kasongan Sabtu 29 Oktober 2022.

Keenam sekolah tersebut berdasarkan hasil penilaian dan verifikasi lapangan oleh tim penilai, telah memenuhi aspek dan persyaratan sebagai Sekolah Adiwiyata Katingan 2022.

BACA JUGA:   718 PPPK Dilantik dan Dikukuhkan, Bupati Katingan Berpesan Ciptakan Suasana Kerja yang Kondusif

“Selanjutnya Sekolah Adiwiyata Katingan 2022 ini kami direkomendasikan untuk mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata di tingkat Provinsi Kalimantan Tengah,” kata Irwan.

Para pemenang juga diberikan uang pembinaan sebesar Rp10 juta dan penghargaan berupa plakat Adiwiyata dan piagam Sekolah Adiwiyata yang ditandatangani oleh Bupati Katingan, Sakariyas.

Dia menjelaskan Sekolah Adiwiyata mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan maupun berbagai norma dan etika, sehingga menjadi dasar menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Program Sekolah Adiwiyata bertujuan mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melalui tata kelola sekolah yang baik. Kemudian dapat menciptakan kondisi yang baik sebagai tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Pihaknya pun berharap Sekolah Adiwiyata dapat menciptakan warga sekolah khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan.

“Selain itu juga mendukung dan mewujudkan sumber daya manusia yang memiliki karakter bangsa yang peduli terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di daerahnya,” katanya.

Pihak sekolah yang meraih predikat Adiwiyata diminta dapat terus bertanggung jawab dalam upaya pelestarian lingkungan sekitar masing-masing, termasuk di lingkungan keluarga masing-masing pada setiap warga sekolah, demikian Irwan.

(ANTARA)