Gubernur Kalteng Kunjungi Pengungsi dan Korban Banjir di Sukamara

ENN/BERITA SAMPIT - Gubenur Kalteng Sugianto Sabran didampingi Bupati Sukamara dan Forkopimda saat mengunjungi pengungsi korban banjir di Gedung Gawi Barinjam.

SUKAMARA – Gubenur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengunjungi lokasi banjir dan pengungsian di Kabupaten Sukamara, kunjungan itu juga melihat seberapa parah banjir yang terjadi sekaligus memberikan sejumlah bantuan sembako kepada para warga terdampak banjir.

Dalam kesempatan itu, Sugianto Sabran mengatakan bahwa banjir yang terjadi di Sukamara akibat luapan Sungai Jelai lantaran intensitas hujan yang cukup tinggi, hal itu juga tidak diimbangi dengan resapan yang ada hingga terjadilah banjir.

“Kita lihat Sungai Jelai ini meluap karena intensitas hujan yang tinggi, penyerapan air tidak ada lagi, hutan-hutan banyak ditebang lalu kebun-kebun dan ini perlu evaluasi,” kata Sugianto Sabran, saat melihat para pengungsi di Gedung Gawi Barinjam Sukamara, Sabtu 29 Oktober 2022.

Menurutnya, kepala daerah di Kalteng perlu melakukan evaluasi perizinan terkait dengan alih fungsi hutan.

“Kita juga akan meminta pemerintah pusat untuk evaluasi perizinan itu, agar bisa dikurangi, karena Kalteng memiliki 11 DAS untuk dilakukan reboisasi atau penghijauan,” jelasnya.

Dengan adanya kunjungan Gubernur Kalteng Sugiarto Sabran masyarakat Sukamara menyambut baik dan berharap banjir bisa segera surut dan mereka dan beraktivitas dengan normal kembali.

“Harapan saya supaya cepat surut, tidak banjir lagi, karena banjir kali ini cukup besar, selama lebih dari 20 tahun,” ucap Idah salah satu warga Kelurahan Mendawai Kecamatan Sukamara yang terdampak banjir. (enn).