Lamandau Siap Jadi Tuan Rumah HPN Tingkat Provinsi Kalteng 2023

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana saat menerima audiensi pengurus dan anggota PWI Lamandau di ruangan Bupati.

NANGA BULIK – Kabupaten Lamandau siap menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2023. Demikian disampaikan Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat menerima audiensi pengurus dan anggota PWI Lamandau di Ruang Kerja Bupati, Kamis 27 Oktober 2022.

“Kabupaten Lamandau tentu harus siap menjadi tuan rumah HPN Tingkat Provinsi Kalteng tahun depan (2023). Kita siap dan akan berupaya menjadi tuan rumah yang baik,” kata Hendra Lesmana.

Ia juga mengapresiasi Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin serta jajaran pengurus yang telah memberi kepercayaan kepada Lamandau untuk menjadi tuan rumah HPN tingkat Provinsi Kalteng 2023 sesuai surat PWI Kalteng nomor : 356/PWI-KH/X/2022 tentang Tuan Rumah HPN Tingkat Provinsi Kalteng.

“Keputusan PWI Kalteng menunjuk Kabupaten Lamandau menjadi tuan rumah ini tentu didasarkan atas berbagai pertimbangan, dan kami (Pemkab Lamandau) sangat menyambut baik,” sebutnya.

Bupati Hendra Lesmana juga meminta jajaran pengurus PWI Lamandau segera berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk melakukan persiapan. Karena, kata dia, meski waktu pelaksanaan digelar tahun depan, tapi jika dipersiapkan jauh-jauh hari tentu akan lebih maksimal.

Hendra Lesmana yang juga merupakan salah satu kepala daerah peraih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Tahun 2021 itu menilai jika peran pers terhadap pembangunan sangatlah nyata. Karenanya, ia akan berupaya mendukung penuh kegiatan yang menjadi agenda tahunan insan pers di Bumi Tambun Bungai tersebut.

Sementara itu, Ketua PWI Lamandau Hendi Nurfalah mengaku cukup gembira mendengar penyataan langsung Bupati Hendra Lesmana tentang kesiapan Lamandau menjadi tuan rumah HPN Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023. Ia dan jajaran pengurus PWI Lamandau akan segera melaporkan informasi tersebut kepada pengurus PWI Kalteng, serta melakukan persiapan-persiapan awal seperti yang disarankan Bupati Lamandau.

Hendi menyebut, ada banyak hal yang harus dibahas lebih lanjut, mulai dari agenda kegiatan dan berbagai rangkaiannya, rancangan anggaran hingga waktu pelaksanaan.

“Sebelumnya, kami PWI Lamandau hanya sebatas punya keinginan saja (menjadi tuan rumah HPN Provinsi Kalteng). Namun ternyata keinginan itu bak gayung bersambut setelah mendengar kesiapan Pemkab Lamandau seperti disampaikan langsung pak Bupati (Hendra Lesmana),” katanya, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Hendi meyakini, menjadi tuan rumah HPN tingkat provinsi menjadi suatu kehormatan dan merupakan keinginan banyak pengurus PWI di daerah. Kegiatan tersebut memiliki banyak dampak positif, karena dapat menjadi sarana promosi daerah dalam berbagai hal, mulai dari ekonomi, kebudayaan, pariwisata dan lain sebagainya. Ia berharap segala yang direncanakan dapat berjalan dengan lancar. (Andre).