Liga Premier Inggris: Manchester City Kalahkan Leicester City 1-0

Gelandang serang Manchester City Kevin De Bruyne (tengah) berselebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Leicester City dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion King Power, Leicester, Inggris, Sabtu (29/10/2022). (ANTARA/REUTERS/ACTION IMAGES/Jason Cairnduff)

JAKARTA – Sebuah gol hasil eksekusi tendangan bebas Kevin De Bruyne membawa Manchester City mengalahkan Leicester City 1-0 dalam lanjutan Liga Premier Inggris di Stadion King Power, Sabtu 29 Oktober 2022.

Kemenangan itu mengantarkan City naik ke puncak klasemen sementara dengan koleksi 29 poin dari 12 laga, menyalip Arsenal yang baru bertanding Minggu 30 Oktober 2022 besok.

Sementara Leicester tertahan di urutan ke-17 dengan raihan 11 poin, demikian catatan situs resmi Liga Inggris.

The Citizens mendominasi permainan sejak sepak mula dan menciptakan sejumlah peluang, tetapi sundulan Ilkay Gundogan melambung dari sasaran, sementara kiper Danny Ward sedikitnya tiga kali mementahkan kesempatan dari Rodri Hernandez, Julian Alvarez, dan Bernardo Silva.

Leicester baru bisa melancarkan serangan balasan pada menit ke-24, tapi umpan Jamie Vardy yang berusaha diselesaikan oleh Harvey Barnes masih bisa dihalau kiper Ederson Moraes.

City terus lebih banyak melancarkan serangan, tapi skor nirgol tak berubah hingga turun minum.

Empat menit memasuki babak kedua, City akhirnya sukses memecahkan kebuntuan setelah De Bruyne mengeksekusi tendangan bebas dengan akurat setelah Jack Grealish dilanggar Nampalys Mendy.

Gol itu seperti melecut semangat para pemain tuan rumah yang balik lebih banyak melancarkan serangan, termasuk lewat tembakan voli Youri Tielemans yang berakhir membentur mistar gawang setelah ditepis tipis oleh Ederson pada menit ke-53.

Lantas pada menit ke-77, Kelechi Iheanacho membuang sia-sia peluang bagus Leicester untuk menyamakan kedudukan setelah eks penyerang City itu gagal menyelesaikan umpan sodoran James Maddison meskipun berdiri bebas di muka gawang tim tamu.

Serangan demi serangan Leicester berlalu hingga mereka nyaris mendapat durian runtuh saat John Stones berusaha menghalau umpan silang Tielemans dan hampir mencetak gol bunuh diri ketika bola mengenai kepala Ruben Dias, beruntung bagi City si kulit bundar berakhir di samping gawang dan skor 1-0 bertahan hingga peluit bubaran.

Kedua tim dijadwalkan kembali merumput pada Sabtu (5/11) pekan depan saat City menjamu Fulham di Etihad dan Leicester bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton.

Sebelum itu, City bakal melakoni pertandingan pemungkas penyisihan Grup G Liga Champions menghadapi Sevilla yang melawat ke Etihad pada Rabu (2/11).

(ANTARA)