Tanggap Bencana, Dinkes Sukamara Bersama Organisasi Profesi Kesehatan Gelar Pemeriksaan Kesehatan Massal

ENN/BERITA SAMPIT - Pemeriksaan Kesehatan yang dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak banjir.

SUKAMARA – Upaya membantu meringankan beban para korban banjir seluruh organisasi profesi kesehatan di bawah naungan Dinkes Sukamara dan RSUD Sukamara menggelar pemeriksaan dan pengobatan massal yang dipusatkan di Lapangan Koramil, Sukamara pada Sabtu 29 Oktober 2022.

Kepala Dinas Kesehatan Sukamara, Ari Junita mengatakan bahwa seluruh organisasi profesi kesehatan yang ada di Bumi Gawi Barinjam turun dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan massal tersebut.

“Kali ini kami melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang terdampak banjir maupun petugas-petugas yang terlibat dalam penanganan banjir,” kata Ari Junita di lokasi pemeriksaan kesehatan.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Menurut Ari Junita, petugas yang terlibat untuk kegiatan tanggap bencana banjir tersebut adalah seluruh tim kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng dan Kabupaten Sukamara lalu seluruh organisasi profesi kesehatan baik IDI,IBI, PPNI, IAI.

“Semua kita terjunkan baik itu ikatan dokter, bidan, perawat, apoteker, ahli gizi terjun kelapangan hari ini,” terang Ari Junita.

BACA JUGA:   KPU Sukamara Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2024

Sistem yang digunakan oleh Dinas Kesehatan Sukamara untuk gerakan tanggap bencana dengan pemeriksaan kesehatan dengan memusatkan di satu lokasi yaitu di Lapangan Koramil.

“Selain terpusat di Lapangan Koramil, kami juga menurunkan tim dimana satu tim ada 20 orang terdiri dari dokter, perawatan, apoteker, bidan, ahli gizi lengkap semua,” jelas Ari Junita. (enn).