Jelang Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Satuan Linmas di Barsel Akan Diberikan Pelatihan Dalmas

DEDDY/BERITA SAMPIT: Plh. Sekretaris Satpol PP dan Damkar Barsel Fridel Hart.

BUNTOK – Jelang Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang Satuan Polisi Pamong Paraja (Satpol PP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel), akan mensosialisasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 26 tahun 2022 tentang penyelenggaraan ketertiban umum kententraman dan perlindungan masyarakat kepada seluruh satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas)  di daerah ini.

“Adapun langkah-langkah yang akan, dilaksanakan tersebut yakni dengan memberikan pelatihan kepada satuan-satuan Linmas di seluruh Kecamatan dan tingkat Desa yang ada di Barsel,” kata Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Satpol PP dan Damkar Barsel Fridel Hart, Minggu 30 Oktober 2022.

Dikatakannya, apabila anggaran yang telah kita usulkan kepada Pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat terealisasi maka kegiatan tersebut dalam rangka menjelang Pemuli dan Pilkada serentak 2024 akan terlaksana.

“Yang jelas pelatihan Linmas tersebut nantinya, kita juga akan melibatkan instruktur dari instansi TNI dan Polri yang direncanakan per Kecamatan dan Desa se-Barsel,” katanya.

Menurutnya, selain mengadakan pelatihan kepada seluruh Linmas pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan Pengendalian Massa (Dalmas) yang juga merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Satpol PP Barsel dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang.

“Direncanakannya kegiatan Dalmas tersebut, juga merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Satpol PP Barsel dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang,” jelas Fridel Hart.

Ditambahkannya, terkait kegiatan Dalmas tersebut juga dilaksanakan bersama-sama dengan pihak Polri setempat yakni kegiatan Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) terutama pada saat sebelum pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

“Yakni untuk mengantisipasi hal-hal yang dapat, mengganggu ketertiban umum ketentraman dan perlindungan masyarakat khususnya di kabupaten yang bertajuk Dahanai Dahanai Tuntung Tulus yang kita cintai bersama ini,”Tukas Fridel Hart. (ded)